nusabali

Skate Park Pantai Kuta Memprihatinkan

Langganan Tergenang Air saat Diguyur Hujan

  • www.nusabali.com-skate-park-pantai-kuta-memprihatinkan

Dinas PUPR Badung sedang mengevaluasi untuk pembuatan saluran air, supaya tak menggenang.

MANGUPURA, NusaBali
Kondisi Skate Park di Pantai Kuta, Kelurahan/Kecamatan Kuta, memprihatinkan tatkala hujan tiba. Sebab, tiap kali hujan salah satu bagian utama dari skate park itu tergenang air dan harus dikuras secara manual menggunakan ember.

Ketua LPM Kelurahan Kuta Putu Adnyana mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi Skate Park di Pantai Kuta yang sering tergenang air saat hujan. Menurutnya, fasilitas tersebut sangat rawan terjadi genangan yang membuat area tersebut seperti kolam saat hujan turun. “Saat hujan mengguyur, kondisi Skate Park di Pantai Kuta pasti tergenang air,” kata Adnyana, Jumat (19/4).

Selama ini, lanjut Adnyana, warga setempat terpaksa melakukan pengurasan air secara manual dengan menggunakan ember. Kondisi ini dinilai sangat memprihatinkan dan membutuhkan evaluasi serius, terutama terkait dengan pembangunan saluran pembuangan. Adnyana menekankan pentingnya pembuatan saluran pengurasan yang memadai agar air hujan bisa mengalir dengan baik dan tidak tergenang di area skate park.

“Kalau bisa, air genangan itu rutin disedot atau dibuatkan saluran pengurasan yang memupuni, jadi airnya tidak selalu menggenang,” harap Adnyana.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung Ida Bagus Surya Suamba tidak memungkiri kejadian itu. Dia mengungkapkan kondisi ini sudah menjadi bahan evaluasi. “Kondisi skate park di Pantai Kuta sedang kami evaluasi, secara teknis seperti apa akan kami lakukan agar tidak ada air yang tergenang dan segera dilakukan perbaikan soal saluran di sana,” ujar Surya Suamba, Jumat (19/4) sore.

Sambil menunggu evaluasi, untuk solusi jangka pendek, Surya Suamba menyatakan akan menyediakan pompa air apabila kembali terjadi genangan saat hujan. “Sepengetahuan saya memang tidak ada saluran. Namun, untuk jangka pendek jika hujan turun lagi, akan dibersihkan airnya dengan cara disedot oleh pompa,” tuturnya.

Proses pengurasan air yang selama ini dilakukan secara manual oleh warga telah menjadi rutinitas yang cukup merepotkan. Warga biasanya langsung menghubungi Dinas PUPR jika terjadi genangan. Namun sering kali warga juga berinisiatif untuk langsung mengatasi masalah tersebut. Evaluasi dan perbaikan yang dilakukan oleh Dinas PUPR diharapkan dapat segera mengatasi masalah genangan di Skate Park Pantai Kuta, sehingga fasilitas publik ini bisa kembali digunakan secara maksimal oleh pengunjung dan penggemar skateboarding, terutama selama musim hujan. 7 ol3

Komentar