nusabali

SMPN 2 Abang Garap Lomba Mapel

Memperebutkan Piala Bupati Karangasem

  • www.nusabali.com-smpn-2-abang-garap-lomba-mapel

AMLAPURA, NusaBali - SMPN 2 Abang, Karangasem, menggelar Lomba Mata Pelajaran dan non akademis memperebutkan Piala Bupati Karangasem. Lomba ini serangkaian peringatan HUT ke-32 sekolah puncaknya, Minggu (5 Mei 2024).

Untuk lomba, SMP ini mengundang 365 SD se-Karangasem. Panitia akan menetapkan juara tiap kecamatan guna memetakan kualitas Pendidikan antar sekolah.

Kasek SMPN 2 Abang Dr I Wayan Sarya didampingi Ketua Panitia I Nengah Sudarma, mengatakan hal itu di ruang kerjanya, Banjar Kebon, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem, Senin (15/4).

Dalam lomba ini, panitia melombakan mata pelajaran, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Lomba itu, kata Sarya, untuk memberikan wadah agar siswa yang berlomba meraih prestasi dengan menampilkan kemampuan secara optimal, sesuai ketrampilannya. Di samping bertujuan untuk pengembangan diri sehingga berpengaruh terhadap mutu pendidikan di Karangasem.

"Nantinya kami ketahui bersama siswa SD yang berbakat bidang IPA, IPS dan Matematika, sehingga tinggal mengoptimalkan potensi itu lebih lanjut," jelas mantan Kasek SMPN 1 Manggis dan SMPN 5 Amlapura tersebut.

Tujuan lainnya, kata dia, untuk memotivasi guru pembina, agar lebih optimal membina siswa-siswa berbakat. Selain itu, agar lebih berani bersaing di dalam setiap kompetisi.

Piala Bupati Karangasem, katanya, untuk peserta yang meraih gelar juara terbanyak di lomba mata pelajaran dan non akademis. Tiap SD dibatasi pesertanya hanya 2 orang tiap nomor, nantinya akan dijaring menjadi 80 siswa tiap mata pelajaran.

Pendaftaran untuk peserta, jelas Sarya, telah dibuka 5 - 15 April, pertemuan teknik 18 April, lomba 30 April, untuk mata pelajaran IPA banyaknya soal 40 soal, IPS sebanyak 40 soal dan Matematika sebanyak 25 soal.

Bertindak sebagai juara bertahan, SD Insan Mandiri Amlapura karena tahun 2023 memenangkan dua nomor lomba. Nomor ini melalui siswa kelas VI/A I Wayan Praditya Adi Darma lomba IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), dan siswa kelas VI/B I Gede Abi Yudita Putra di nomor lomba Matematika, dan gelar juara non akademis.

Sedangkan pemenang lomba mata pelajaran IPS, I Kadek Irvan Ardi Guna dari SDN 3 Pempatan, Kecamatan Rendang.

Sedangkan lomba non akademis itu, melantunkan puja Tri Sandya, pidato, baca puisi, masatua Bali, lomba gerak, dan lagu Pramuka. Dewan juri nantinya mengakumulasi skor akhir, yang meraih skor terbanyak berhak atas Piala Bupati Karangasem.

"Jika ingin merebut Piala Bupati Karangasem mesti dari SD bersangkutan mengikuti semua nomor lomba itu, dan menang di beberapa nomor sehingga meraih skor tertinggi," tambah mantan Sekdis Karangasem tersebut.

Caranya untuk menang, katanya, mesti mengirim siswa yang berbakat di tiap nomor lomba.7k16

Komentar