nusabali

Tim Ground Handling Akan Dirolling Berkala

  • www.nusabali.com-tim-ground-handling-akan-dirolling-berkala

Minimal sepekan sekali tim ground handling akan dirolling, agar tidak terbentuk semacam sindikat pencurian bagasi penumpang.

Antisipasi Sindikat Pencurian Bagasi di Bandara Ngurah Rai 

MANGUPURA, NusaBali
PT Angkasa Pura I (PT AP I) Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, mengantisipasi adanya sindikat pencurian bagasi dengan meningkatkan pengawasan sekaligus mengganti petugas yang menangani bagasi penumpang secara berkala.

“Kami akan merolling tim ground handling minimal seminggu sekali agar tidak terbentuk semacam sindikat pencurian bagasi seperti yang terjadi di bandara lain,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Trikora Harjo di Kuta, Rabu (6/1).

Keputusan tersebut didapatkan setelah Angkasa Pura I, Otoritas Bandara Wilayah IV, Keamanan Bandara, Ground Handling, Polri, dan TNI melakukan rapat menyikapi peristiwa pencurian bagasi penumpang oleh petugas porter maskapai penerbangan Lion Air di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Selain memutuskan untuk mengganti petugas secara bergiliran dalam sepekan, operator dan regulator bandara setempat juga melakukan pengawasan secara acak dengan melibatkan instansi terkait lainnya.
“Kami akan lakukan secara acak agar kejadian pencurian bagasi tidak ada di Bandara Ngurah Rai,” imbuh Trikora.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan latar belakang serta rekam jejak pekerjaan yang dilakukan oleh petugas di lapangan, serta pengawasan proses rekrutmen yang selama ini dilakukan secara parsial atau sendiri-sendiri oleh instansi di dalam bandara.
Sementara itu terkait kamera pengawas atau CCTV, Trikora menyatakan bahwa sejatinya di setiap sudut di bandara setempat telah dilengkapi oleh kamera pengintai itu.

Akan tetapi, CCTV belum menjangkau lambung pesawat yang terletak di jalur apron, tempat dimana biasanya petugas porter memindahkan bagasi penumpang ke dalam perut pesawat.
Trikora menjelaskan bahwa petugas porter merupakan petugas dari maskapai penerbangan yang biasanya berjumlah empat hingga enam orang yang diawasi oleh satu orang petugas pengawas dari maskapai penerbangan.

Sebelumhya diberitakan, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ngurah Rai Bali melakukan perombakan terhadap sistem pengawasan di lingkup bandara. Rencananya, pihak Angkasa Pura akan menggabungkan pengamanan di lingkup bandara dari sebelumnya masing-masing airlines (maskapai) menjadi berada di bawah komando PT Angkasa Pura I.

GM Angkasa Pura I Trikora Harjo mengungkapkan, pada dasarnya dengan kejadian pencurian barang milik penumpang pesawat yang dilakukan oleh komplotan porter dan security di Bandara Soekarno Hatta menjadi pembelajaran bagi setiap orang untuk lebih waspada dalam mengawasi para karyawan. Meski di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali belum terjadi, pihaknya akan melakukan evaluasi tersendiri untuk pengamanan dalam menjaga kenyamanan para penumpang pesawat maupun barang bawaan mereka (bagasi). 

Selanjutnya...

Komentar