nusabali

KONI Imbau Pengcab Siapkan Atlet Terbaik

  • www.nusabali.com-koni-imbau-pengcab-siapkan-atlet-terbaik

PON tahun ini akan mempertandingkan 65 cabang olahraga dengan 32 cabang olahraga digelar di Aceh dan 33 cabang olahraga dipertandingkan di Sumatera Utara.

JAKARTA, NusaBali
KONI Pusat mengimbau para pengurus cabang olahraga (pengcab) yang tersebar di provinsi di seluruh Indonesia agar menyiapkan atlet terbaiknya untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara (Sumut). Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, mengatakan PON merupakan momen bagi Indonesia untuk melihat potensi atau bibit-bibit atlet nasional, yang nantinya akan mewakili negara dalam kompetisi internasional.

“PON Aceh-Sumatera Utara akan menjadi ajang, dimana Indonesia mendapatkan atlet-atlet terbaik yang telah melewati jenjang pembinaan yang panjang, mulai dari klub, kabupaten/kota, hingga Pekan Olahraga Provinsi,” kata Marciano, Sabtu (13/4). Dia mengatakan, pengurus provinsi KONI dan pengcab harus bekerja sama sebaik mungkin, sehingga bisa menyaring atlet terbaik untuk berlaga pada ajang olahraga nasional empat tahun sekali itu.

Ditambah, para atlet nasional saat ini sedang berjuang untuk lolos dalam Kualifikasi Olimpiade Paris 2024, guna mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. “Di sisi lain, semua juga harus terus mempersiapkan atlet-atlet elit pelapis atlet-atlet kebanggaan Indonesia saat ini,” ujar Marciano. Jenderal bintang tiga purnawirawan itu mengapresiasi semua usaha pemangku kepentingan (stakeholder) olahraga nasional yang hingga kini, telah menyiapkan fisik, teknik, dan mental para atlet untuk bisa tampil di PON Aceh-Sumut maupun Olimpiade Paris. “Terima kasih atas kerja keras induk cabang olahraga yang mampu mengantar para atlet meraih prestasi. Saya berharap, pembinaan akan semakin baik ke depan,” ujarnya.

PON XXI Aceh-Sumatera Utara dijadwalkan berlangsung dari 8-20 September 2024. PON tahun ini akan mempertandingkan 65 cabang olahraga dengan 32 cabang olahraga digelar di Aceh dan 33 cabang olahraga dipertandingkan di Sumatera Utara. KONI Pusat telah meninjau sejumlah venue di wilayah Sumatera Utara yang akan digunakan untuk PON 2024 di antaranya Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Martial Arts Arena, dan Stadion Utama Sumatera Utara. “Venue yang kami lihat tadi progresnya 90%,” kata Marciano Norman dalam keterangan pers, Selasa (2/4).

Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center secara keseluruhan venue sudah dalam kondisi baik dan kualitas pembangunannya bagus. Sedangkan Martial Arts Arena telah dalam kondisi rampung dan siap digunakan. Stadion Utama Sumatera Utara yang akan menjadi lokasi penutupan PON 2024 oleh Wapres RI Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin sejauh ini 33 persen telah rampung. 

Stadion Utama Sumatera Utara yang merupakan dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan kapasitas mampu menampung 25.750 penonton dengan Royal Lounge untuk VVIP dan sudah menggunakan teknologi ramah lingkungan, yakni Solar Panel. Teknologi hijau itu mampu memberikan dampak efisiensi listrik 7%/tahun. 7 ant

Komentar