nusabali

Gas Bocor, Damkar Cegah Kebakaran

  • www.nusabali.com-gas-bocor-damkar-cegah-kebakaran

AMLAPURA, NusaBali - Tabung gas 3 kilogram bocor di rumah korban I Ketut Sugiarta, Jalan Untung Surapati Gang Kamboja, Amlapura, Senin (8/4) pukul 11.32 Wita. Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem, langsung tanggap setelah menerima laporan, lanjut mencegah kebakaran.

Korban I Ketut Sugiarta yang melaporkan terjadinya tabung gas ukuran 3 kilogram bocor. Laporan disampaikan ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem Jalan Gunung Agung Amlapura diterima petugas jaga I Wayan Eka Putra. Selanjutnya 12 anggota Pemadam Kebakaran Karangasem dipimpin Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Darma Kartika.

"Kebetulan lokasinya cukup dekat dengan Pos Pemadam Kebakaran sehingga petugas cepat sampai di lokasi, sehingga gas bocor cepat tertangani, tidak sampai menimbulkan kebakaran rumah," jelas I Wayan Putu Darma Kartika.

Gas bocor katanya, sering membuat pemilik rumah jadi panik. Padahal cara menanganinya, terlebih dahulu dengan mengenali tanda kebocoran tabung gas, cabut regulator tabung gas, membuat sirkulasi udara, jika muncul api pada tabung gas, berarti tabung tidak akan meledak caranya dengan menutup titip api gunakan karung yang basah, atau kain tebal yang telah dibasahi.

Kalau memang tidak bisa melakukan penanganan seperti itu katanya, sebaiknya lapor ke petugas pemadam kebakaran, jika tidak ingin menghadapi risiko.

Kadis Pemadam Kebakaran Karangasem I Made Agus Budiasa mengakui dapat laporan adanya tabung gas bocor di Jalan Untung Surapati. "Kasus itu telah ditangani petugas lapangan," katanya.7k16

Komentar