nusabali

Pencarian Hari Keempat Masih Nihil

Penumpang Kapal yang Jatuh di Perairan

  • www.nusabali.com-pencarian-hari-keempat-masih-nihil
  • www.nusabali.com-pencarian-hari-keempat-masih-nihil

Korban diduga sengaja menjatuhkan diri ke laut. Dugaan itu muncul atas pengakuan para saksi yang ada di kapal.

SINGARAJA, NusaBali
Upaya pencarian terhadap seorang penumpang kapal yang jatuh di perairan laut Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, bernama Hamdan Wibowo, 30, terus dilakukan. Petugas SAR kembali menyisir perairan pada Minggu (7/4). Namun pencarian pada hari keempat tersebut belum membuahkan hasil.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Buleleng, Dudi Librana mengatakan, pencarian kali ini dilakukan ke arah utara dari titik terjatuhnya korban, atau sejauh 18 Nautical Mile. Pencarian menggunakan satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB) yang dilengkapi dengan alat pendeteksi (Aqua Eye). Serta melalui udara dengan bantuan drone. 

Namun hingga saat ini hasilnya masih nihil. Petugas belum menemukan adanya tanda-tanda keberadaan korban. Sesuai SOP, pencarian hanya dapat dilakukan selama tujuh hari atau berakhir pada Rabu mendatang. "Masih nihil. Kami belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban, baik seperti pakaiannya atau benda-benda yang melekat di tubuh korban sebelum terjatuh," jelas Dudi. 

Sementara itu, Kasi Humas Polres Buleleng AKP Gede Darma Diatmika mengatakan, korban diduga sengaja menjatuhkan diri ke laut. Dugaan itu muncul atas pengakuan para saksi yang ada di kapal. Namun polisi hingga saat ini masih terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui secara pasti penyebab terjatuhnya korban. 

“Menurut keterangan saksi-saksi korban sebelumnya sempat minta rokok satu batang kepada salah satu saksi. Setelah rokok diberikan, korban langsung menjatuhkan dirinya ke laut. Masih diselidiki lagi apakah ada dugaan bunuh diri atau seperti apa. Bila korban berhasil ditemukan, akan segera dilakukan visum untuk mengetahui penyebab pastinya,” tandasnya. 

Diberitakan sebelumnya, seorang penumpang kapal  KM Mutiara Ferindo I bernama Hamdan Wibowo, 30, terjatuh di perairan laut Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Buleleng pada Kamis (4/4) malam. Pencarian pun mulai dilakukan oleh Pos SAR Buleleng. 

Adapun kapal yang ditumpangi korban itu mulanya berangkat dari Pelabuhan Gili Mas Lombok dan hendak menuju ke Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi. Namun saat kapal melintas di perairan Banyuwedang, pria asal Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung itu dikabarkan terjatuh. 7 mzk

Komentar