nusabali

Pelantikan Caleg DPRD Klungkung Terpilih Digelar Agustus

KPU Masih Menunggu BRPK dari Mahkamah Konstitusi

  • www.nusabali.com-pelantikan-caleg-dprd-klungkung-terpilih-digelar-agustus

SEMARAPURA, NusaBali - Pelantikan caleg (calon legislatif) DPRD Klungkung terpilih hasil Pemilu 2024 bakal digelar Agustus mendatang. Saat ini KPU Klungkung mengikuti kebijakan KPU RI yang masih menunggu BRPK (Buku Registrasi Perkara Konstitusi) dari Mahkamah Konstitusi untuk memastikan hasil Pemilu 2024 di Klungkung nihil gugatan.

Ketua KPU Klungkung I Ketut Sudiana mengatakan, untuk pelantikan Caleg DPRD Klungkung terpilih merupakan kewenangan pemerintah daerah. “Pelantikan direncanakan Agustus. 

KPU menetapkan alokasi kursi sama calon terpilih, itupun kami masih menunggu surat dari KPU RI. Karena KPU RI masih menunggu BRPK (Buku Registrasi Perkara Konstitusi) dari MK," ujar Sudiana, didampingi Divisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Klungkung, I Gede Suka Astreawan, Selasa (2/4).

Sebanyak 30 caleg DPRD Klungkung terpilih periode 2024-2029 sudah ditetapkan berdasarkan rapat pleno tingkat kabupaten oleh KPU Klungkung, di salah satu hotel wilayah Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (5/3) lalu.

Hasilnya, PDI Perjuangan berhasil merebut 12 kursi dari total 30 kursi di DPRD Klungkung. Caleg PDIP yang lolos adalah Anak Agung Gde Anom, Dewa Yudhi Endra Putra, Komang Sutama, Ni Ketut Sukarni, I Nengah Ary Priadnya, Ni Wayan Sukarmi. Kemudian ada I Made Satria, Ni Ketut Suwerni, I Made Rudana Atmaja dan I Wayan Misna. Selanjutnya, Ida Bagus Ketut Arimbawa dan I Wayan Regeg.

Sedangkan, Partai Gerindra tetap bertahan dengan perolehan 8 kursi. Mereka yang lolos yakni  I Nengah Mudiana,  AA Gde Sayang Suparta,  I Wayan Navy Sudarsa.  Kemudian I Wayan Baru, I Wayan Suarta, I Ketut Dadi, I Ketut Gunaksa dan I Wayan Widiana.

Sementara itu, Partai Golkar meraih 3 kursi dengan meloloskan I Kadek Widya Sumartika, I Nyoman Alit Sudiana dan Tjokorda Gede Agung.
Begitupula, Hanura juga meraih 3 kursi dengan meloloskan I Wayan Mastra, I Komang Krisna Nata Waisnawa dan I Wayan Buda Parwata.

Selanjutnya, NasDem meraih 2 kursi dengan meloloskan para incumbent yakni I Ketut Sukma Sucita dan I Wayan Mudayana. Sementara  Partai Perindo meraih 1 kursi. Satu-satunya kursi Perindo di DPRD Klungkung diperoleh dari Dapil I Klungkung dengan meloloskan caleg I Putu Tika Winawan. Sebaliknya, PSI juga meraih 1 kursi di Dapil Banjarangkan dengan meloloskan Nyoman Sukirta.n wan 

Komentar