nusabali

Anggaran PKB Tabanan Rp 2,5 Miliar

  • www.nusabali.com-anggaran-pkb-tabanan-rp-25-miliar

Pemkab Tabanan melibatkan 1.500 seniman untuk tampil di ajang Pesta Kesenian Bali 2024. Sebelum tampil di ajang provinsi, akan digelar PKB Kabupaten Tabanan.

TABANAN, NusaBali
Tahun 2024 Kabupaten Tabanan bakal menampilkan 14 materi di ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) yang digelar pada Juni mendatang. Bahkan ada 1.500 seniman yang bakal dilibatkan untuk menjadi duta Kabupaten Tabanan. Total anggaran pun ditambah untuk tahun ini sebesar Rp 2,5 miliar lebih. 

Menariknya sebagai bentuk apresiasi kepada seniman, sebelum mereka pentas di ajang tahunan provinsi, sesuai arahan Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya mereka juga bakal tampil di kabupaten. Artinya akan ada PKB kabupaten untuk bisa ditonton oleh masyarakat Tabanan. 

Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Tabanan Ni Luh Nyoman Sri Suryati seizin Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan I Made Yudiana, mengatakan sebagai persiapan telah dilakukan pembinaan terhadap seniman yang bakal tampil. “Kami sudah mulai lakukan pembinaan, di PKB nanti ada 14 materi yang kami tampilkan,” ujarnya, Selasa (2/4). 

Disebutkan 14 materi ini adalah garapan bergengsi, yakni, gong kebyar dewasa, gong kebyar anak-anak, gong kebyar wanita, baleganjur, taman penasar, gender wayang, arja klasik, wayang kulit, ngelawang, peragaan busana, joged bumbung, tari barong ket, gong kebyar legendaris, dan pawai. “Kalau untuk seniman ada sekitar 1.500 orang yang dilibatkan saat PKB bulan Juni,” imbuh Suryati. 

Suryati mengaku, bahwa penampilan duta Tabanan tahun ini memang sangat didukung oleh pimpinan dalam hal ini Bupati Tabanan. Sebab dari segi anggaran tahun 2024 meningkat 100 persen sebesar Rp 2,5 miliar lebih, sedangkan tahun 2023 sekitar Rp 1,2 miliar. 

Untuk jadwal PKB Kabupaten Tabanan masih disesuaikan, yang pasti digelar selama dua hari pada Sabtu dan Minggu. 

“Ini sesuai arahan bapak (Bupati Tabanan). Tujuannya untuk memberikan ruang dan bentuk apresiasi kepada para seniman Tabanan. Sehingga kami nanti juga menggelar PKB kabupaten,” tegas Suryati. 

Dia berharap rangkaian PKB ini berjalan dengan lancar, serta duta Kabupaten Tabanan dapat menampilkan atraksi yang spetakuler dan bisa membius seluruh penonton. 7 des

Komentar