nusabali

Kontingen Bangli Ikuti 11 Materi PKB 2024

  • www.nusabali.com-kontingen-bangli-ikuti-11-materi-pkb-2024

Kontingen Bangli tidak mengirimkan atau tidak mengikuti lima materi seni, yakni parade janger tradisi, gong kebyar legendaris, arja klasik, lomba beleganjur, dan lomba taman penasar.

BANGLI, NusaBali
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispardub) Bangli kini menggodok sanggar atau sekaa kesenian yang akan mewakili Kabupaten Bangli dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2024. Ada 11 materi yang akan diikuti kontingen dari Bangli pada PKB tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Kabid Kesenian Disparbud Bangli Nyoman Wiradana, Selasa (23/1). Dia mengatakan ada 16 materi yang akan meramaikan PKB tahun 2024. Dari jumlah tersebut Bangli hanya ikut di 11 materi.

11 materi tersebut, yakni parade gong kebyar kategori anak- anak, gong kebyar dewasa, gong kebyar wanita,  parade pelegongan klasik, drama gong tradisi, joged bungbung tradisi, wayang kulit, busana adat khas kabupaten, seni bapang barong, gender wayang anak- anak, dan pawai. Kontingen Bangli tidak mengirimkan atau tidak mengikuti lima materi seni, yakni parade janger tradisi, gong kebyar legendaris, arja klasik, lomba beleganjur, dan lomba taman penasar.

Kata Nyomabn Wiradana menambahkan Kabupaten Bangli tidak ikut di gong kebyar legendaries dalam PKB ini. Karena spesialiasi di Bangli adalah gong gede. ‘’Makanya tidak mengherankan beberapa wilayah di Bangli memiliki gong gede, untuk gong kebyar lebih didominasi wilayah Bali utara dan selatan,” jelasnya.

Lanjutnya, masyarakat umum juga bisa mengikuti lomba dalam PKB karena ada kategori umum. Adapun yang dilombakan yakni masatua tingkat dewasa pria, mewarnani tingkat anak SD  dan lomba karya tulis  tentang kisah PKB.

Nyoman Wiradana menyampaikan, jika saat ini sudah ada beberapa sanggar yang mendaftar untuk bisa ikut di PKB. Sebelum penetapan, pihaknya akan melakukan penggodokan terkait kesiapan mental dan material sanggar. “Sesuai program kami, awal Februari sudah bisa ditunjuk sanggar yang mewakili Bangli di PKB,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk keikutsertaan dalam PKB ini, Bangli menganggarkan Rp 1,4 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari BKK bidang kebudayaan Rp 500 juta dan APBD Bangli sebesar Rp 900 juta. Diakui, anggaran PKB tahun ini lebih kecil dari tahun lalu, Rp 1,6 miliar.7esa

Komentar