nusabali

Disbud akan Cek Temuan Mangkok Putih di Kayu Putih

  • www.nusabali.com-disbud-akan-cek-temuan-mangkok-putih-di-kayu-putih

TABANAN, NusaBali - Benda mirip Singing Bowl yang ditemukan warga di wisata Kayu Putih, Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga Tabanan, akan dicek Dinas Kebudayaan Tabanan. Pengecekan untuk memastikan apakah benda tersebut benda purbakala atau bukan.

Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan I Made Yudiana menegaskan, tim akan segera turun memastikan temuan benda tersebut. Pengecekan untuk mendata, lanjut disampaikan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali. "Kalau tidak ada halangan, besok (hari ini) atau Selasa kami akan turun," ujarnya, Minggu (7/4).

Menurutnya, laporan temuan benda di Kayu Putih sudah diterima Dinas Kebudayaan, Jumat (5/5) sore. Dari laporan temuan benda tersebut warna putih berbentuk mangkok. "Laporan detail nanti kita sampaikan setelah turun," imbuh Mantan Kadis Perikanan dan Kelautan ini.

Ketua Pengelola Wisata Kayu Putih sekaligus Penyarikan Pura Babakan I Made Kurna Wijaya menegaskan pasca benda ditemukan telah dilakukan upacara pembersihan Jumat (5/5). Selain itu rencananya prajuru Pura Babakan akan nunasang ke orang pintar. "Rencana mau nunasang ke orang pintar (Sulinggih) memastikan apa benda pusaka atau seperti apa. Sekarang benda tersebut sudah di linggihkan di Pura Babakan," ujarnya, Minggu (7/5).

Dia menyebutkan, penemuan Singing Bowl itu tanpa firasat apapun. Namun menurut dari cerita panglingsir kawasan di sekitar wisata Kayu Putih banyak terdapat benda pusaka.

Akhirnya, jelas Kurna Wijaya, petugas Wisata Kayu Putih hendak membersihkan serpihan kaca di sebelah timur pohon atau berada di sekitaran akar besar pohon. Karena penasaran digalilah benda tersebut. Awalnya dikira tempat pot namun semakin dalam ditemukan benda utuh tersebut. "Lalu benda ini dicuci bersih dan kelihatan berbentuk mangkuk dengan suara yang merdu jika diputar," beber Kurna Wijaya.

Setelah ditemukan benda tersebut sudah dilakukan upacara pembersihan menggunakan sarana upacara Prayascita oleh pengempon. "Kita sekarang menunggu petunjuk juga dari pemerintah karena informasi dari Pak Kades rencana Dinas Kebudayaan Tabanan turun besok (hari ini)," tandasnya.

Sebelumnya, warga Banjar Bayan digegerkan dengan temuan benda misterius berbentuk mangkuk berwarna putih di areal wisata Kayu Putih, Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan pada Jumat (5/5). 

Benda tersebut ditemukan disebelah timur pohon berusia ratusan tahun itu.  Benda yang ditemukan tersebut berbentuk mangkok warna putih lengkap dengan dengan pemukulnya. Bahkan menimbulkan suara dengungan yang merdu. Sekilas benda yang ditemukan tersebut mirip Singing Bowl milik Mbak Rara Pawang Hujan.

Ketua Pengelola Wisata Kayu Putih I Made Kurna Wijaya membenarkan temuan benda unik tersebut. Yang menemukan adalah penjaga tempat wisata. "Ditemukan di sebelah timur pohon kayu Putih, awalnya kelihatan dikit kemudian di gali," ujarnya.7des

Komentar