nusabali

Sopir Bus Akan Dites Urine Saat Mudik Lebaran

  • www.nusabali.com-sopir-bus-akan-dites-urine-saat-mudik-lebaran

SINGARAJA, NusaBali - Polres Buleleng akan menggelar tes urine terhadap sopir transportasi umum angkutan lebaran yang bertugas mengantar penumpang mudik. Pada musim mudik lebaran tahun ini, Polres Buleleng juga mendirikan sejumlah pos pengamanan dan pelayanan. Sebanyak 500 personel dikerahkan untuk melakukan pengamanan selama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kapolres Buleleng, AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi mengatakan, pihaknya akan melakukan tes urine kepada para sopir bus angkutan mudik. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi sopir dalam keadaan sehat, sehingga para penumpang yang ingin merayakan Idul Fitri di kampung halamannya sampai di tempat tujuan dengan selamat. 

Selama hari raya Idul Fitri ini diperkirakan akan banyak masyarakat yang mudik ke luar Bali, serta masyarakat yang datang ke Bali untuk berlibur. Sehingga lalu lintas diperkirakan akan ramai. Untuk itu pihaknya juga menerjunkan ratusan personel melakukan pengawasan di setiap jalan yang ada di masing-masing kecamatan.

“Pengamanan juga dilakukan di objek-objek vital seperti di masjid, jalur takbir keliling, hingga tempat-tempat wisata. Dalam pengamanan ini ada sekitar 500 personel yang kami libatkan,” ujarnya,  Senin (1/4) di Mapolres Buleleng.

Petugas kepolisian juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Buleleng terkait layanan uji laik kendaraan bus maupun kendaraan pribadi yang digunakan untuk perjalanan mudik. Sehingga kendaraan yang digunakan oleh masyarakat untuk mudik dapat dipastikan laik jalan. 

Ditambahkan AKBP Widwan, pihaknya juga akan menyediakan mudik gratis untuk masyarakat Buleleng pada Jumat (5/4) dengan titik pemberangkatan di kantor Polres Buleleng. Layanan mudik gratis ini dibuka untuk rute Banyuwangi-Situbondo, Probolinggo-Pasuruan, serta Sidoarjo-Surabaya. Pendaftaran mudik gratis dibuka sejak Rabu (27/3).7 mzk

Komentar