nusabali

Forkopimda Buka Puasa di Kampung Muslim Tertua di Bali

  • www.nusabali.com-forkopimda-buka-puasa-di-kampung-muslim-tertua-di-bali

SEMARAPURA, NusaBali - Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Klungkung menghadiri undangan buka puasa bersama masyarakat muslim di Masjid Nurul Huda, Desa Kampung Gelgel, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, Minggu (31/3).

Hadir, Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika, Kapolres Klungkung AKBP Umar, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, Kajari Klungkung Lapatawe B Hamka, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Smara Putra, dan undangan lainnya. Kampung Gelgel merupakan pemukiman muslim tertua di Bali, sejak Kerajaan Gelgel sekitar abad ke-14. 

Warga muslim di Kampung Gelgel sejak dulu hidup berdampingan secara harmonis bersama krama Desa Adat Gelgel yang mayoritas beragama Hindu. Hubungan kekeluargaan antara Kampung Gelgel dengan Kerajaan Puri Klungkung juga tetap terjalin harmonis karena memiliki ikatan sejarah. 

Perbekel Desa Kampung Gelgel, Sahidin, mengatakan buka puasa bersama merupakan wujud toleransi yang sudah terjalin sejak dulu yang merupakan warisan para leluhur. “Mari kita berkomitmen selalu menjaga toleransi ini untuk kita wariskan kepada generasi selanjutnya,” ujar Sahidin.


Ida Dalem Semara Putra mengatakan, acara buka puasa bersama ini sungguh mulia. Desa Kampung Gelgel mempunyai sejarah yang tidak bisa dipisahkan dari Kerajaan Klungkung. “Sampai sekarang ikatan silaturahmi itu terjaga dengan baik yang mewujudkan rasa damai di antara kita. Ini tugas kita bersama ke depannya untuk selalu menjaga rasa damai ini, dan jangan pernah lupakan sejarah,” ujar Ida Dalem.

Pj Bupati Klungkung Nyoman Jendrika meminta masyarakat Kampung Gelgel tetap menjaga kebersamaan, keharmonisan, dan silaturahmi yang sudah terjalin sejak dulu. Menjadi contoh bagi umat beragama untuk membangun rasa cinta kasih antar sesama. Jendrika juga mengharapkan kepada masyarakat muslim menjadikan bulan puasa untuk introspeksi diri. 

Tetap tumbuhkan semangat, spirit untuk tetap mengedepankan kebersamaan dan keharmonisan antar umat beragama. “Saya mewakili pemerintah dan masyarakat Klungkung mengucapkan Marhabban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa 1445 H/2024,” ujar Jendrika.

Kapolres Klungkung, AKBP Umar, mengatakan selama bulan puasa sudah memploting personel untuk melaksanakan pengamanan sholat tarawih di masjid di wilayah Kabupaten Klungkung. Tujuannya, menciptakan situasi kamtibmas kondusif pada bulan Ramadan 1445 H. 7 wan

Komentar