nusabali

Tren Positif Kunjungan Wisatawan ke Badung

  • www.nusabali.com-tren-positif-kunjungan-wisatawan-ke-badung

MANGUPURA, NusaBali - Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Badung di awal 2024 menunjukkan tren yang positif. Jika pada Januari 2024 tercatat 440 ribu wisatawan, pada Februari naik menjadi 540 ribu wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Badung I Nyoman Rudiarta, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan berdasarkan data yang dihimpun terus mengalami kenaikan. Kata Rudiarta, jumlah kunjungan di Februari 2024 mengalami peningkatan dibandingkan Januari 2024 sebanyak 440 ribu kunjungan wisatawan.

“Januari 2024 tercatat ada sekitar 440 ribu wisatawan yang berkunung ke Badung, kemudian di Februari menjadi 540 ribu. Untuk Maret 2024, nanti akan kami sampaikan di awal April,” ujar Rudiarta, Minggu (31/3).

Menurut mantan Camat Kuta ini, indikator yang mempengaruhi jumlah kunjungan wisatwan disebutkan adalah keamanan dan kenyamanan dari wisatawan. Sebaliknya, menurut Rudiarta, jumlah kunjungan ini tidak terpengaruh dari adanya pungutan kepada wisatawan asing (Tourist Levy). “Kalau dari kunjungan sebenarnya tidak ada masalah ya. Malah sebenarnya cukup baik buat kita, tidak terjadi over tourism,” ungkapnya.

Meski demikian, Rudiarta juga menyatakan tingkat kunjungan wisatawan yang terpengaruh Tourist Levy adalah menciptakan quality tourism. Terlebih wisatawan asing yang datang ke Bali dan khususnya Kabupaten Badung adalah yang berkualitas. “Teman-teman di Thailand kan ngecek, wisatawan harus membawa sekian dolar Amerika,” sebutnya. 7 ind

Komentar