nusabali

Pelabuhan Celukan Bawang Mulai Dipadati Pemudik

  • www.nusabali.com-pelabuhan-celukan-bawang-mulai-dipadati-pemudik

SINGARAJA, NusaBali - Masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman melalui jalur laut di Pelabuhan Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, sudah mulai ramai. Ratusan penumpang menaiki kapal KM Sabuk Nusantara 51 melalui Pelabuhan Celukan Bawang dengan rute Celukan Bawang, Sapeken, Kangean, Tanjung, Perak, Kalianget, dan juga menuju Lombok.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Celukan Bawang, I Gusti Agung Komang Arbawa mengatakan, arus mudik diprediksi semakin padat menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang. Untuk itu, pihaknya akan melakukan sejumlah langkah untuk mengantipisai lonjakan pemudik untuk kelancaran dan eamanan para pemudik.

Saat ini, pihaknya mengupayakan penambahan kapal perintis Sanus 51 termasuk KM Lintas Papua ke Pelabuhan Celukan Bawang yang sebelumnya hanya sekali dalam sepekan menjadi dua kali. “Ini juga penambahan kapal bantuan penumpang untuk mengantisipasi penumpang yang tidak terangkut melalui Pelabuhan Celukan Bawang,” ujarnya, Minggu (24/3).

Ia menyebut, penumpang dengan tujuan Pulau Sapeken, Madura dan tujuan sekitarnya sesuai rute mulai terlihat memadati areal Pelabuhan Celukan Bawang. Menurutnya, masyarakat memilih menggunakan kapal KM Sanus 51 yang juga merupakan program tol laut pemerintah. Selain itu, tiket juga bisa dipensan melalui online. 

“Jalur ini mulai diminati masyarakat karena terjangkau. Calon penumpang bisa melakukan pemesanan tiket melalui online,” tandasnya.7 mzk

Komentar