nusabali

Karangasem Dapat 2.848 Formasi ASN

  • www.nusabali.com-karangasem-dapat-2848-formasi-asn

Saat rekrutmen tenaga kesehatan PPPK tahun 2023 sebelumnya, sebanyak 97 formasi tidak terisi, termasuk 7 dokter spesialis, yang sedianya ditempatkan di RS Pratama, di Banjar Labuhan Sari, Desa Tianyar Barat.

AMLAPURA, NusaBali
Kabupaten Karangasem tahin 2024 mendapatkan kuota formasi ASN yang terdiri dari PPPK 2.676 orang dan PNS 172 orang. Kuota PPPK ini karena ada 2.676 tenaga non ASN yang dimiliki Pemkab Karangasem.

“Syukurnya, usulan Pemkab Karangasem disetujui Badan Kepegawaian Negara, sehingga nantinya tidak ada lagi tenaga kontrak,” jelas Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Karangasem I Komang Agus Sukasena, di ruang kerjanya, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Kamis (22/3).

Agus Sukasena mengatakan, usulan untuk tenaga PPPK 2.676 formasi dan PNS 174 formasi. Dari formasi itu, katanya, nantinya berharap di dalamnya ada formasi umum. "Nantilah, agar terbit petunjuk teknis, sementara belum bisa  memberikan pernyataan secara detail," kata Agus Sukasena.

Hanya penjelasan awal, katanya, dari  formasi itu, untuk tenaga kesehatan, tenaga guru dan tenaga teknis. Sedangkan secara rinci, mengenai tenaga kesehatan, guru dan teknis, juknis belum terbit.

Sebab, mengenai rincian formasi masih berproses, begitu juga tahapan perekrutannya. "Harapan saya, agar semua formasi yang nantinya diterbitkan pusat, terisi pelamar, sehingga bisa lebih optimal merekrut tenaga PPPK dan ASN," tambahnya.

Sebab, saat rekrutmen tenaga kesehatan PPPK tahun 2023 sebelumnya, sebanyak 97 formasi tidak terisi, termasuk 7 dokter spesialis, yang sedianya ditempatkan di RS Pratama, di Banjar Labuhan Sari, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu dari 503 formasi.

Dari 7 formasi yang dia buka, katanya, masing-masing lowongan untuk, 2 dokter spesialis anak, 2 dokter spesialis obstetri dan ginekologi (SpOG) yang ruang lingkup kerjanya meliputi, menjaga kesehatan organ reproduksi, mendeteksi gangguan pada organ reproduksi wanita, operasi panggul dan menangani penyakit pada organ reproduksi, atau lebih lazim disebut dokter kandungan.

Karangasem juga gagal merekrut 2 dokter spesialis bedah, dan satu dokter spesialis internis yakni, yang tugasnya menangani penyakit alergi imunologi, gastroenterohepatologi (gangguan pencernaan), geriatrik (penyakit penunaan), ginjal hipertensi menangani penyakit ginjal dan hipertensi, infeksi saluran kemih, batu ginjal, gagal ginjal akut dan lain-lain.

Kegagalan juga untuk merekrut 10 formasi untuk tenaga sanitasi lingkungan tanpa pelamar, sedianya ditempatkan di RS Pratama, Dinas Kesehatan Karangasem, Puskesmas Sidemen, Puskesmas Abang II dan Puskesmas Selat, dan Puskesmas Manggis II. Tenaga laboratorium juga tanpa pelamar, empat formasi untuk tenaga apoteker tanpa pelamar sedianya ditugaskan di Puskesmas Kubu II, Puskesmas Manggis II, dan Puskesmas Sidemen dan lain-lain.

Sedangkan tenaga guru  57 formasi yang tanpa pelamar, termasuk 7 formasi untuk jatah disabilitas. Dari 727 formasi PPPK yang tersedia, Karangasem.7k16

Komentar