nusabali

Dishub Siapkan Manajemen Rekayasa Lalin dan Shuttle Bus

Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih

  • www.nusabali.com-dishub-siapkan-manajemen-rekayasa-lalin-dan-shuttle-bus

DENPASAR, NusaBali - Kepadatan pamedek saat Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih, Karangasem, telah diantisipasi Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali. Manajemen rekayasa lalu lintas telah disiapkan termasuk memastikan kondisi shuttle bus baik untuk mengantar pamedek dari Parkir Manik Mas menuju area Bencingah Pura Agung Besakih.

Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh jatuh pada 24 Maret 2024. Selanjutnya akan digelar bakti penganyar hingga upacara penyineban pada 17 April 2024. 

Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dishub Bali Putu Sutaryana mengatakan kepadatan pamedek diperkirakan akan terjadi pada saat hari libur dan akhir pekan. 

“Antisipasi kami hari ini sudah diadakan rapat dengan tim terkait Bendesa Adat Besakih, Perbekel Besakih, Satpol PP Karangasem dan Provinsi, termasuk Badan Pengelola Pura Agung Besakih, dan Dishub Kabupaten Karangasem untuk mengantisipasi kemacetan dan ramainya pamedek,” ujar Sutaryana, Selasa (19/3). 

Dia menjelaskan, kegiatan dan pelaksanaan di lapangan tidak jauh berbeda dengan tahun yang lalu. Untuk memecah kemacetan karena padatnya pamedek telah disiapkan manajemen rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh. Hal ini telah disepakati bersama antara 

Kapolres Karangasem, Badan Pengelola Pura Agung Besakih, Dishub Bali, dan Dishub Karangasem.  

Pihak Dishub Karangasem bersama Badan Pengelola Pura Agung Besakih juga akan menyiapkan posko siaga. 

“Terkait dengan penempatan pasukan kami dari Dishub Provinsi ada dalam 4 titik, di Pempatan, Menanga, Pringalot, dan Batusesa yang juga sudah kami cantumkan dalam Manajemen Rekayasa Lalu Lintas bersama,” imbuh Sutaryana. 

Sutaryana juga menegaskan para pamedek khususnya lansia dan penyandang disabilitas dapat memanfaatkan fasilitas shuttle bus berkapasitas 14 kursi. Sebanyak 10 shuttle bus akan bolak balik mengantar pamedek dari parkir Manik Mas menuju area Bencingah Pura Besakih dan sebaliknya. 

Sutaryana mengimbau para pamedek untuk betul- betul menjaga ketertiban bersama seperti tercantum dalam Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 03 Tahun 2023 tentang Tatanan Baru bagi Pamedek/ Pengunjung Saat Memasuki dan Berada di Kawasan Suci Pura Agung Besakih selama pelaksanaan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh

“Agar sama-sama kita laksanakan bersama, keselamatan pamedek dan kelancaran lalu lintas adalah tanggung jawab kita bersama,” tandas Sutaryana. 7 a 

Komentar