nusabali

Partai Golkar Fokus Pilkada Setelah Menang Besar di Pileg 2024

  • www.nusabali.com-partai-golkar-fokus-pilkada-setelah-menang-besar-di-pileg-2024

MANGUPURA, NusaBali - Partai Golkar mulai fokus pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 setelah melihat gambaran kemenangan besar partai beringin dalam pemilihan legislatif dan pemilihan presiden Pemilu 2024.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan sudah menyiapkan lebih dari seribu kader terbaik di daerah untuk maju pada perhelatan yang rencananya digelar KPU November mendatang.

“Golkar sudah mempersiapkan 1.040 calon kepala daerah, dimana seluruhnya sudah diberikan penugasan dan akan segera dilakukan evaluasi,” kata Airlangga di Kuta, Badung, Jumat (16/2) malam.

Dalam kegiatan syukuran bersama jajaran DPP dan DPD Partai Golkar tersebut, Airlangga mengatakan untuk menuju Pilkada 2024 harus segera dilakukan evaluasi terhadap capaian pemilihan legislatif. Pileg 2024 sendiri berdasarkan hasil hitung sementara KPU menunjukkan gambaran positif bagi Golkar, dimana suara partai mereka mengalami peningkatan 20 persen.

Mereka mencatat sebanyak 102 kursi untuk DPR RI sudah diamankan, bahkan masih ada 2-4 kursi potensial yang bisa diraih namun belum disahkan KPU RI. Selain itu mereka mengklaim capaian Pemilu 2024 berupa kemenangan di 15 dari 38 provinsi se-Indonesia. Airlangga menyinggung beberapa diantaranya seperti di Jawa Barat dan Banten.

Waketum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia sedikit menambahkan bahwa partai koalisi di Pemilu 2024 harus dirawat, karena tidak di semua provinsi atau kabupaten/kota partainya mampu mengajukan calon tanpa berkoalisi dengan partai lain sebagai syarat pencalonan.

Sebelum lebih jauh Pilkada 2024, Airlangga Hartarto mengatakan akan menggelar pelatihan santiaji, atau program pembinaan bagi calon anggota legislatif terpilih baru di partai tersebut. Pelatihan tersebut akan digelar oleh Golkar Institute dengan target akan berlangsung hingga tingkat bawah di provinsi maupun kabupaten/kota.n ant

Komentar