nusabali

Hujan Deras Tumbangkan Pohon dan Panyengker Merajan

  • www.nusabali.com-hujan-deras-tumbangkan-pohon-dan-panyengker-merajan

GIANYAR, NusaBali - Hujan deras menyebabkan pohon tumbang dan merobohkan panyengker merajan, Selasa (12/3). Pohon santen tumbang menimpa pemucu candi jaba tengah Pura Kawitan Puri Agung Dalem Tarukan, Desa Pejeng Tengah, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar. Sementara panyengker merajan milik I Kadek Joniarta di Banjar Abasan, Desa Singapadu Tengah, Kecamatan Sukawati, Gianyar roboh tergerus aliran sungai.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gianyar Ida Bagus Putu Suamba mengatakan, dua bencana ini telah ditindaklanjuti. Evakuasi pohon tumbang dengan pemotongan dahan dan panyengker merajan dengan atensi kunjungan. “Pohon santen setinggi 12 meter dengan diameter sekitar 80 cm tumbang mengenai pemucu candi,” ungkap Ida Bagus Suamba. Anggota TRC BPBD Gianyar melakukan evakuasi hingga pukul 09.30 Wita. 

Foto: Panyengker sanggah di Banjar Abasan Singapadu Tengah, Sukawati jebol tergerus aliran sungai. -IST

Panyengker merajan yang longsor mendapatkan atensi dari Babinkamtibmas Aiptu Ida Bagus Dwija bersinergi dengan Babinsa Koptu I Nyoman Budiarta, Rabu (13/3). Panyengker jebol sepanjang 6 meter dan tinggi pondasi sekira 2 meter. “Padmasana juga longsor ke parit dekat sawah,” jelas Aiptu IB Dwija. Akibat kejadian ini korban mengalami kerugian sekitar Rp 70 juta. “Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini,” ungkap Ida Bagus Suamba. BPBD melalui dana sosial akan membantu sesuai ketentuan menunggu realisasi perbaikan panyengker merajan dan padmasana yang rusak. 7 nvi

Komentar