nusabali

Golkar Pertimbangkan Suara Caleg

Untuk Ikut Kontestasi Pilkada Serentak 2024

  • www.nusabali.com-golkar-pertimbangkan-suara-caleg

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa tidak ada skenario partai-nya untuk merebut kursi Ketua DPR RI mendatang.

JAKARTA, NusaBali
Partai Golkar membahas persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, dan sudah mengeluarkan sekitar 1.040 penugasan untuk pencalonan bupati, walikota, dan gubernur.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjelaskan, pihaknya akan mengevaluasi hasil perolehan suara beberapa calon yang maju ke DPR untuk dipertimbangkan melenggang ke kontestasi pilkada.

“Dalam 3–4 bulan ke depan, Partai Golkar akan berkonsentrasi ke sana, Partai Golkar akan melakukan survei untuk pilkada,” ucap Airlangga saat konferensi pers usai rapat pleno bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan kader Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Minggu (10/3/2024).

Sementara mengenai hasil Pemilu 2024, Airlangga mengatakan bahwa tidak ada skenario partai-nya untuk merebut kursi Ketua DPR RI mendatang karena partai tersebut berkomitmen mengikuti mekanisme yang ada.

“Partai Golkar tidak pernah merebut (kursi Ketua DPR). Kita ikut mekanisme yang ada, ya, dan tidak ada skenario (merebut kursi Ketua DPR),” ucap Airlangga.

Airlangga mengatakan masalah penentuan Ketua DPR akan diputuskan setelah anggota DPR periode 2024–2029 resmi dilantik pada Oktober 2024.

“Masalah DPR nanti kita akan putuskan pasca-dilantik-nya DPR pada 1 Oktober nanti,” imbuh dia.

Pada kesempatan itu, Airlangga mengklaim Partai Golkar menang di 15 provinsi berdasarkan hasil rekapitulasi suara sementara Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024 oleh KPU RI. Karenanya, dia yakin Partai Golkar bakal mendapat kursi yang signifikan di parlemen.

“Saya juga mengapresiasi apa yang diprediksi Partai Golkar akan memperoleh kursi yang signifikan. Signifikan itu di atas 100, dan dari hasil perencanaan yang disiapkan selama 2 tahun alhamdulillah memberikan hasil karena Partai Golkar menjadi partai pemenang di 15 provinsi,” ucapnya.

Di sisi lain, Airlangga menyebut arah pemilih Partai Golkar linear di seluruh tingkatan pada Pemilu 2024.

“Alhamdulillah dalam pemilu kali ini Partai Golkar pemilihnya linear. DPR kabupaten/kota, provinsi, dan nasional sekaligus juga linear dengan presiden yang diusung oleh Partai Golkar. Oleh karena itu, ini sebuah pencapaian yang menunjukkan soliditas dan kekuatan mesin Partai Golkar," ujarnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada caleg Partai Golkar, baik yang terpilih maupun tidak.

“Karena seluruh suara yang dicoblos itu adalah suara dukungan Partai Golkar, dan itu yang membuat Partai Golkar sampai saat ini berdasarkan hitungan quick count dan real count itu berada di angka sekitar 15 persen,” tuturnya.

Dia juga mengapresiasi kinerja partai dalam pemenangan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming Raka yang sejauh ini mengungguli dua pasangan calon lainnya.

“Nah, selanjutnya tentu kita masih menunggu hasil dari penghitungan oleh KPU, dan Bawaslu pada 20 Maret,” ucap Airlangga. 7 ant

Komentar