nusabali

Nyepi Pertama di Luar Negeri, Ade Kangen Keluarga

  • www.nusabali.com-nyepi-pertama-di-luar-negeri-ade-kangen-keluarga

JAKARTA, NusaBali - Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 pada 11 Maret 2024 menjadi hari raya pertama kali bagi mantan atlet bulutangkis Bali, Ni Made Pranita Sulistya Devi (Ade) merayakan di luar negeri. Sebab, saat ini Ade masih sebagai pelatih dan sparring partner atlet bulutangkis Timnas Qatar (Qatar Badminton Association).

"Ini tahun pertama Ade merayakan Hari Raya Nyepi di luar negeri. Sewaktu masih di Klub Exist, Ade pernah merayakan Hari Raya Nyepi di Jakarta. Disana diizinkan untuk mengikuti Hari Raya Nyepi dan menjalankan catur brata penyepian di asrama," ujar Ade kepada NusaBali, Selasa (12/3).

Ade pun, merasa sedih karena merayakan hari raya jauh dari keluarga. Terlebih, Hari Raya Nyepi kali ini bersamaan dengan tanggal kelahirannya 11 Maret. Plus berdekatan dengan hari raya besar lainnya yakni Hari Raya Galungan dan Kuningan. Menurut Ade, jika dia berada di Bali, pasti sibuk menjelang hari raya.

Dimana dia membantu orang tua nanding banten, membuat penjor, sembahyang keliling dan nonton ogoh-ogoh. Untuk itu, perayaan Hari Raya Nyepi Tahun 2024 ini ada perbedaan. Di Qatar, anak kedua dari empat bersaudara ini tidak bisa melakukan catur brata penyepian dan berkumpul bersama keluarga.

"Karena di Qatar, Ade harus tetap bekerja. Pasalnya, hari raya bertepatan dengan hari kerja. Jadi, aktifitas kerja tetap dilakukan seperti biasa. Tapi, untuk hari raya besar saya membuat banten dengan sarana seadanya dan melaksanakan persembahyangan dari tempat tinggal  menggunakan dupa, buah, bunga, tirta dan bija," terang Ade.

Saat Hari Raya Nyepi kemarin, kata Ade, para atlet yang dilatih tidak mengetahui jika dia merayakan Hari Raya Nyepi. Apalagi, mereka masih latihan untuk mempersiapkan diri mengikuti pertandingan QBA (National Qatar Badminton Association) Junior Circuit Leg 1 pada 12-18 Maret 2024. 

Namun, teman-teman dan sesama pelatih disana mengetahuinya. Ade pun, mendapat ucapan selamat dari mereka. Juara Wali Kota Cirebon Open 2018 ini sendiri berada di Qatar sejak 6 Juni 2023. Selama tinggal di sana, Ade menyatakan, belum ketemu dengan komunitas Hindu Bali. 7 k22

Komentar