nusabali

MGMP Bahasa Inggris Gelar Workshop Media Pembelajaran

  • www.nusabali.com-mgmp-bahasa-inggris-gelar-workshop-media-pembelajaran

AMLAPURA, NusaBali - MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Inggris SMPN Karangasem menggelar workshop pembuatan media pembelajaran. Salah satunya membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) menggunakan aplikasi bard.id.

Ketua MGMP Bahasa Inggris SMPN Karangasem I Gusti Ayu Arini memaparkan hal itu dalam acara workshop di Aula SMPN 2 Amlapura, Jalan Sudirman, Kota Amlapura, Kamis (7/3). Membuat media pembelajaran, katanya,  dengan mencari pembelajaran yang menarik untuk guru dan siswa. “Salah satunya membuat modul ajar,’ katanya.

Dengan itu, kata dia, nantinya bisa membuat anak-anak kreatif yang dikombinasikan dengan permainan, sehingga nantinya bermain sambil belajar. Anak-anak akan belajar menggunakan game edukasi, mengajar bahasa Inggris dengan cara menyenangkan melalui game edukasi.

Misalnya, game dalam kelas, bukan saja menyenangkan, juga bisa melatih kekompakan, meningkatkan kemampuan daya ingat. Di samping mengubah suasana membosankan, mengantuk dan lelah bisa hilang, berganti dengan suasana ceria. Belajar dengan kombinasi game edukasi, katanya juga mampu meningkatkan interaksi sosial antara guru dengan siswa, atau antar siswa dengan siswa. 

Ada juga game pembelajaran di kelas, dengan model pembelajaran gerak dan lagu, game pembelajaran melengkapi kata, game melatih daya ingat, game pembelajaran mengikuti instruksi guru, game sambung cerita, game pembelajaran teka-teki, game quiz dengan mencari gambar dan lain-lain.

Guru SMPN Satu Atap Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu Ni Made Dwijayanti mengatakan materi workshop dengan membuat media pembelajaran menggunakan game pembelajaran untuk menarik minat siswa agar lebih optimal belajar.

“Anak-Anak jadi kreatif, karena diselingi bermain sambil belajar, sehingga tidak membosankan,” kata Dwijayanti.

Salah satu narasumber I Made Widiadnyana mengatakan, pentingnya membuat media pembelajaran dikemas dalam bentuk permainan, sehingga siswa jadi lebih tertarik dan pembelajaran jadi menyenangkan.7k16

Komentar