nusabali

Taru Pramana: Pesan Moral tentang Pohon dan Kehidupan

  • www.nusabali.com-taru-pramana-pesan-moral-tentang-pohon-dan-kehidupan

DENPASAR, NusaBali.com - Di tengah hiruk pikuk menyambut perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1946, ST Yowana Sari Banjar Uma Sari, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara menghadirkan ogoh-ogoh unik dan sarat makna berjudul ‘Taru Pramana’.

Dibuat dengan tangan kreatif Anak Agung Ngurah Andika Tri Mahendra Putra (Gung Andi), ogoh-ogoh ini menceritakan tentang pentingnya peran pohon dalam kehidupan manusia.

‘Taru Pramana’ terinspirasi dari berbagai fenomena, seperti tren bonsai, pelestarian Simbar, dan bencana alam. Gung Andi ingin menggali lebih dalam makna pohon dan mengingatkan manusia untuk menjaga kelestariannya.

Ogoh-ogoh ini menampilkan berbagai karakter, seperti Dewa Sangkara (Dewa Tumbuhan), manusia yang membuat topeng dari kayu, manusia yang berobat dengan tumbuhan, dan manusia yang menikmati udara segar di bawah pohon.

"Pesan yang ingin disampaikan adalah agar manusia tidak sembarangan menebang pohon dan menjaga keharmonisan dengan alam," jelas Gung Andi.

Ogoh-ogoh ini memiliki tinggi 4,5 meter dan lebar 3 meter dengan menghabiskan dana sekitar Rp 20-30 juta bisa terbilang lebih murah dari biaya ogoh-ogoh sebelumnya yakni ‘Bah Bangun.’

“Karena kami masih bisa memanfaatkan payasan aksesoris yang dulu. Besi ogoh-ogoh juga [pakai yang lama. Jadi pembelian bahan-bahan baru tidak begitu banyak,” ujar Gung Andi.
 
Sementara bagian terumit pembuatan ogoh-ogoh ini adalah pembuatan ranting, pemasangan daun dan mengejar warna pohon.

Kehati-hatian juga dilakukan pada pemasangan biji-bijian pada panggung  ogoh-ogoh. “Pada panggung ogoh-ogoh kami tempelkan biji kacang hijau, biji jagung, ketan hitam, wijen, beras merah, beras putih, kacang merah dan biji lainnya.,” jelas Gung Andi. 

Meskipun tidak masuk nominasi di tingkat Kota Denpasar, Gung Andi dan ST Yowana Sari tetap puas dengan hasil karya mereka. Ogoh-ogoh ini menjadi pembelajaran berharga untuk terus berkarya dan meningkatkan kualitas di tahun depan.

Taru Pramana adalah karya seni yang tak hanya menghibur, tetapi juga menggugah kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. *m03

Komentar