nusabali

Sambut 45 Angota Dewan ‘Anyar’

Sejumlah Ruangan DPRD Badung Bakal Dirombak

  • www.nusabali.com-sambut-45-angota-dewan-anyar

MANGUPURA, NusaBali - Sekretariat DPRD Badung melakukan perombakan ruangan anggota dewan, menyusul bertambahnya kursi DPRD Badung periode 2024-2029 dari 40  menjadi 45 kursi. Selain merombak ruangan anggota dewan, Sekretariat DPRD Badung juga menyiapkan 4 ruangan untuk pimpinan dewan.

Jumlah kursi DPRD Badung sendiri telah diputuskan menjadi 45 kursi sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 457 Tahun 2022 tentang Jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu Tahun 2024. Demikian juga pimpinan dewan bertambah dari 3 menjadi 4 pimpinan.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Badung, I Gusti Agung Made Wardika membenarkan telah menyiapkan beberapa ruangan yang akan digunakan untuk penambahan anggota DPRD Badung yang ‘anyar’. “Kami di Sekretariat DPRD akan menyiapkan dan memfasilitasi, termasuk hak-hak keuangan,” ujar Wardika, Rabu (6/3).

Menurut Wardika, pada periode 2024-2029 nanti, komposisi di DPRD Badung berjumlah 4 pimpinan yakni 1 Ketua dan 3 Wakil Ketua. Sedangkan di periode 2019-2024 ada 3 pimpinan yakni 1 Ketua dan 2 Wakil Ketua.

Saat ini Ketua DPRD Badung dijabat Putu Parwata (PDIP), Wakil Ketua I, I Wayan Suyasa (Golkar), dan Wakil Ketua II, I Made Sunarta (Demokrat). Dengan bertambahnya satu lagi posisi Wakil Ketua, nantinya salah satu ruangan yang ada di deretan ruang pimpinan DPRD akan dirombak menjadi ruangan Wakil Ketua III. “Ruangan yang akan dirombak adalah Ruang Badan Kehormatan (BK) yang akan difungsikan sebagai Ruang Wakil Ketua III,” ujar Wardika.

Sedangkan ruang BK, kata Wardika akan dipindahkan ke ruang rapat pimpinan. “Karena tambahan Wakil Ketua III, kami sudah melapor pimpinan dan sudah disepakati ruang BK akan dipindahkan ke ruang pertemuan yang akan dilakukan perombakan,” beber Wardika.

Ditambahkan Wardika, pihaknya juga akan melakukan perombakan ruang rapat komisi sebagai ruang anggota. Saat ini, kata Wardika, pihaknya masih memiliki waktu untuk menyiapkan ruangan tersebut. Pelantikan anggota DPRD Badung periode 2024-2029 akan dilakukan sekitar Agustus 2024. “Anggaran yang digunakan masuk ke induk APBD 2024. Pileg itu di Februari kemudian menurut informasi, calon anggota dewan terpilih akan dilantik pada Agustus 2024,” ujar Wardika.ind

Komentar