nusabali

64 Peserta Ikut Kompetisi JBK 2024

  • www.nusabali.com-64-peserta-ikut-kompetisi-jbk-2024

SEMARAPURA, NusaBali - Sebanyak 64 peserta berkompetisi merebut 10 posisi sebagai finalis Jegeg Bagus Klungkung (JBK) Tahun 2024. Mereka menjalani seleksi tahap I dan II di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung selama 2 hari pada Sabtu (2/3) dan Minggu (3/3).

Ketua Umum Paguyuban Jegeg Bagus Klungkung sekaligus Ketua Panitia I Gede Mahendra Ananda Wiguna mengatakan, pemilihan JBK tahun 2024 masih sama dari tahun sebelumnya. Tahun ini jumlah peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 64 orang dengan 2 tahapan seleksi. Seleksi pertama memilih 20 besar dan seleksi kedua dari 20 besar menjadi 10 besar Finalis Jegeg Bagus Klungkung 2024. "Kami memilih 10 pasang Jegeg dan Bagus," ujar Gede Mahendra, Rabu (6/3).

Ada pun tes seleksi tahap I terdiri dari 4 tes meliputi tes tulis, wawancara wawasan personal, psikotes, dan tes bakat yang dilaksanakan secara online melalui akun instagram masing-masing peserta. Seleksi tahap II terdiri dari 2 tes yaitu tes keterampilan, peserta Jegeg membuat canangsari dan kwangen dan peserta Bagus membuat sanggah cucuk dan juga tes wawancara untuk menggali wawasan dan potensi peserta. 


Seleksi tahun ini lebih terkonsep, setiap rangkaian acaranya seperti photoshoot finalis dengan mengambil konsep Nyegara Gunung. Tahun ini kembali menggelar fashion show dengan konsep Lukat Geni dan seluruh finalis memperagakan produk-produk UMKM Klungkung melalui peragaan busana. Opening dance grand final tahun ini mengusung konsep Kebudayaan Wayang Kamasan dan pis bolong (uang kepeng) Kamasan.

Seluruh finalis JBK akan diajak explore ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan untuk meninjau destinasi wisata serta menilik potensi sumber daya alam yang bisa dikembangkan dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

JBK tahun ini punya syarat dan ketentuan sesuai format Jegeg Bagus Bali, yaitu generasi muda harus mempunyai 3 point utama yaitu smart, charming, dan hospitable. Jegeg Bagus Klungkung juga menambahkan aspek-aspek lain seperti leadership dan juga entrepreneurship. "Dewan juri juga menilai keterampilan peserta dan bakat yang dimiliki oleh peserta," ujar Gede Mehendra.

Diharapkan kegiatan selama 1 bulan ini, para peserta yang terpilih menjadi finalis JBK 2024 selalu mengisi diri agar bisa menampilkan yang terbaik versi mereka masing-masing. Sehingga bisa tampil maksimal di grand final JBK 2024. "Harapan kami agar generasi muda Klungkung dapat terus mengembangkan kreativitas mereka dalam berbagai aspek, terutama leadership dan entrepreneurship. Menjadi pionir bagi generasi lainnya dalam mengeksistensikan budaya dan pariwisata," harap Gede Mahendra. 7 wan

Komentar