nusabali

Alun-alun Bangli Raih Predikat Terbaik Nasional

  • www.nusabali.com-alun-alun-bangli-raih-predikat-terbaik-nasional

BANGLI, NusaBali - Alun-alun Bangli meraih predikat taman kota terbaik tingkat nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI. Kabupaten Bangli juga menerima penghargaan Adipura 2023. Dua penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli Putu Ganda Wijaya di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menyerahkan secara langsung Penghargaan Adipura Tahun 2023 kepada kabupaten/kota yang dinilai berprestasi dalam pengelolaan kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup.  Ajang ini merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian LHK. Diketahui, penilaian Adipura 2023 dipimpin oleh Ketua Dewan Pertimbangan Adipura Ginandjar Kartasasmita dan beranggotakan tokoh masyarakat, tokoh lingkungan, pakar persampahan, pakar tata ruang perkotaan, jurnalis, dan aktivis lembaga swadaya masyarakat yang prominent dan ahli di bidangnya dengan dibantu tim teknis KLHK.

Penghargaan Adipura sebagai bentuk insentif kepada kabupaten/kota dengan kinerja baik dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau. Penghargaan Adipura kepada kabupaten/kota dalam bentuk Anugerah Adipura Kencana, Anugerah Adipura, Sertifikat Adipura, dan Plakat Adipura.


Pada Adipura Tahun 2023, telah dilaksanakan pemantauan lapangan terhadap 259 Kabupaten/Kota se-Indonesia, atau sebanyak 50,39 persen dari 514 Kabupaten/kota di Indonesia. Kementerian LHK RI memberikan penghargaan kepada  Kabupaten Bangli  untuk Alun Alun Kota Bangli sebagai Taman Kota Terbaik di Indonesia dan  menerima sertifikat Adipura 2023.

Kepala DLH Bangli Putu Ganda Wijaya mengatakan penilaian adipura rutin dilaksanakan setiap tahun. Penilaian saat ini dilaksanakan bulan Februari oleh tim penilai kementrian LHK RI. "Penilaian taman kota  menjadi salah satu indikator penilaian Adipura tahun 2023. Kabupaten Bangli meraih taman kota/alun-alun yang terbaik se Indonesia," ungkapnya. 

Kepala dinas asal Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli ini menyebutkan indikator penilaian Adipura meliputi TPA, pasar, saluran air, pengangkutan sampah, pengelolaan sampah rumah tanggal dan bank sampah. Sedangkan untuk alun-alun yakni tempat bermain anak anak, sarana olah raga, pengelolaan sampah, kebersihan, pertamanan, ruang terbuka dan pemanfaatan sarana. 

Dengan capai ini, pihaknya akan tetep optimal menjaga kebersihan lingkungan dengan upaya peningaktan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu lebih memgoptimalkam kerja tim DLH, memberikan sosialisaai kepada masyarakat untuk pengelolaan sampah "Kami juga sudah menambah sarana Tebe Moderen di alun alun sebagi upaya pengelolaan pupuk kompos untuk sampah organik di alun alun dan menjaga kualitas dan kuantitas pelengkapan alun alun serta menjaga kebersihan setiap hari," sambungnya. Diharapkan dengan diraihnya penghargaan ini dapat memotivasi untuk meningkatkan pengelolaan Alun-alun Bangli pada khususnya dan pengelolaan kebersihan pada umumnya di Kabupaten Bangli.@7esa

Komentar