nusabali

Volume Lalu Lintas di Tol Bali Mandara Belum Pulih Sepenuhnya

Optimis Tinggi di Tahun 2024

  • www.nusabali.com-volume-lalu-lintas-di-tol-bali-mandara-belum-pulih-sepenuhnya

MANGUPURA, NusaBali - Volume lalu lintas di Jalan Tol Bali Mandara telah menunjukkan peningkatan signifikan pada 2023. Meski demikian, PT Jasamarga Bali Tol (JBT) mencatat peningkatan volume lalu lintas sepanjang 2023 belum sepenuhnya pulih seperti sebelum pandemi Covid-19.

Manager Operation & Maintenance PT Jasamarga Bali Tol I Putu Gandi Ginantra, mengatakan dengan pemulihan sektor pariwisata di Bali, volume lalu lintas di Tol Bali Mandara pada 2023 mencapai 14,2 juta kendaraan atau rata-rata 38 ribu kendaraan setiap hari. Hal ini, tambah Gandi, mencerminkan peningkatan sebesar 61 persen dibandingkan 2022 yang mencatat 8,7 juta kendaraan. Kendati terjadi peningkatan, Gandi menekankan bahwa angka tersebut masih belum mencapai level sebelum pandemi Covid-19.

“Angka itu belum pulih seperti sebelum pandemi, di mana pada 2019 kami mencatat volume lalu lintas sebanyak 16,3 juta atau rata-rata 45 ribu kendaraan per hari,” rinci Gandi saat konferensi pers pada Senin (4/3) siang.

Gandi melanjutkan, memasuki 2024 tercatat terjadi peningkatan volume lalu lintas. Januari, misalnya, tercatat 43 ribu kendaraan per hari dan Februari meningkat menjadi 44 ribu per hari. Dia optimistis kebangkitan sektor pariwisata dan pelaksanaan event-event internasional di Bali, dapat meningkatkan traffic di Tol Bali Mandara. Pihaknya pun akan terus mengupayakan langkah-langkah proaktif untuk peningkatan kualitas layanan dan infrastruktur untuk mendukung peningkatan volume lalu lintas di Tol Bali Mandara.

Gandi juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung operasional Tol Bali Mandara selama 2023, yang turut berkontribusi pada kesuksesan pencapaian volume lalu lintas yang meningkat. “Kami optimis akan terus mengalami pertumbuhan positif dan kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung pengoperasian Tol Bali Mandara selama 2023,” ucapnya. 7 ol3

Komentar