nusabali

Krama Adat Wajib Membawa Godel

Keunikan Usaba Kelod di Bugbug, Karangasem

  • www.nusabali.com-krama-adat-wajib-membawa-godel

AMLAPURA, NusaBali - Krama Desa Adat Bugbug, Kecamatan Karangasem, menggelar Usaba Dalem atau Usaba Kelod, puncaknya pada Buda Pahing Kuningan, Rabu (6/3). Setiap krama yang terlibat dalam upacara ini, wajib menyertakan seekor godel (anak sapi). Godel dihadirkan saat upacara Mapurwa Daksina, sebagai simbol kendaraan sang pitara menuju surga.

Sesuai keyakinan, krama Desa Adat Bugbug, Usaba Kelod, identik dengan upacara Ngeroras, usai menggelar upacara Ngaben. Baga Parahyangan Desa Adat Bugbug I Wayan Artana memaparkan hal itu kepada NusaBali di Amlapura, Senin (4/3). 

Usaba Kelod nanti, katanya, hanya melibatkan 10 kuren (sepasang keluarga) untuk melaksanakan upacara Nyumunin (baru pertama kali). Tiap kuren bisa memiliki beberapa sang pitara untuk diupacarai. 

Dari 10 kuren itu, yang menggelar upacara Mekarti satu kuren dan upacara biasa 9 kuren. 10 kuren itulah wajib membawa seekor godel.

Sedangkan yang ikut upacara Ngunyahin (warga yang sebelumnya telah ikut upacara Usaba Kelod) 13 kuren. Mereka masing-masing mengikuti upacara Mekarti 2 kuren dan upacara biasa 11 kuren.

"Tiap krama yang ikut upacara nyumunin wajib membawa seekor godel. bagi yang tidak punya godel bisa sewa godel, nanti pihak Desa Adat Bugbug memberikan bantuan Rp 1,5 juta, untuk sewa godel," jelas I Wayan Artana.

Warga yang ikut upacara Nyumunin, katanya, juga dapat bantuan tiap kuren sebanyak Rp 1 juta untuk membeli keperluan beli beras. "Baik warga yang mampu maupun kurang mampu semuanya dapat bantuan, itu," tambahnya. Khusus untuk warga yang kebetulan memiliki godel, tetap dapat bantuan Rp 1,5 juta tiap kuren. Jadi Desa Adat Bugbug berlaku adil kepada semua krama.

Rajeg Desa Adat Bugbug  I Ketut Sukra yang mengoordinasikan upacara, menerangkan sebelum puncak Usaba Kelod, rangkaiannya upacaranya, pengajengan di Banjar Bugbug Kaler Sukra Kliwon Sungsang, Jumat (23/2), upacara Pengajengan di Banjar Bugbug Tengah Soma Pon Dunggulan, Senin (26/2), upacara Pengajengan di Banjar Bugbug Kelod pada Wraspati Umanis Dunggulan, Kamis (29/2), berlanjut Aci Miut pada Redite Wage Kuningan, Minggu (3/3). Setelah puncak Usaba, menggelar upacara Wewayon pada Wraspati Pon Kuningan, Kamis (7/3), dan Nelemekin (nyineb) di Pura Dalem, Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (9/3).

"Saat Aci Miut, bagi krama yang melaksanakan upacara Ngunyahin, wajib melaksanakan upacara Ngulapin di Pura Dalem. Sedangkan yang melaksanakan upacara Nyumunin melaksanakan upacara Ngulapain di Pamuduhan," kata Sukra.7k16

Komentar