nusabali

Bayi di Garase Kagetkan Warga Pempatan

  • www.nusabali.com-bayi-di-garase-kagetkan-warga-pempatan

Setelah bayi tersebut diamankan di Puskesmas Rendang, banyak warga berdatangan untuk mengadopsi.

AMLAPURA, NusaBali
Warga Banjar Waringin, Desa Pempatan, Kecamatan  Rendang, Karangasem, I Putu Surya Wirawan menemukan bayi di garase mobilnya yang juga tempat usaha cetak batako,  Senin (4/3) pukul 14.45 Wita. Temuan bayi baru lahir berjenis kelamin perempuan ini tentu mengagetkan warga sekitar.

Informasi dari lokasi, sore itu pemilik usaha batako, Surya Wirawan, hendak mengambil mobil. Ternyata  dia menemukan bayi masih hidup di dalam kardus. Bayi dengan tatakan kain dan masih ada tali pusarnya. Temuan itu langsung dilaporkan warga I Wayan Widiana, dari Banjar Waringin, dengan saksi I Made Kandra, dari Banjar Waringin, Ni Komang Kerni, dari Banjar Waringin. Laporan kepada anggota Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan  Ketertiban Masyarakat) Desa Pempatan Aipda I Wayan Sutama dan Kelian Banjar Dinas Waringin I Putu Sila. Selanjutnya, laporan diteruskan I Putu Sila ke Mapolsek Rendang di Banjar Menanga Kawan, Desa Menanga, Kecamatan Rendang.

Petugas Polsek Rendang dipimpin Kapolsek Kompol Made Suadnyana langsung mendatangi lokasi kejadian, kemudian melakukan olah TKP. Bayi yang kulitnya masih berwarna merah darahj itu langsung diantar ke Puskesmas Rendang, Banjar Menanga Kawan, Desa Menanga.

Kelian Banjar Waringin I Putu Sila mengatakan, tidak ada warga di Banjar Waringin yang hamil hingga melahirkan bayi. Termasuk kecurigaan lain, tidak ada wanita di luar  nikah yang melahirkan. "Kemungkinan datangnya bayi ini dari luar Banjar Waringin," jelas I Putu Sila.

Temuan bayi baru lahir itu, menjadi perhatian warga masyarakat Banjar Waringin, mendatangi lokasi kejadian di tempat usaha batako tersebut. Salah seorang ibu rumah tangga membawa bayi itu untuk diajak ke Puskesmas Rendang, lanut ditangani dr Putu Angga Wirayogi.

dr Angga mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaannya, bayi dalam keadaan sehat, aktif, berat bayi 2,8 kilogram, panjang 41 cm. Bayi telah diinjeksi vitamin K dan salep mata. 

Di bagian lain, Kapolsek Rendang Kompol Suadnyana membenarkan dapat laporan adanya temuan bayi masih hidup. "Langkah pertama menyelamatkan sang bayi itu, selanjutnya melakukan penyelidikan," tambahnya.

Dia dugaan, bayi tersebut hasil hubungan tidak sah. Tetapi Kapolsek Kompol Suadnyana masih melakukan penyelidikan. Mengenai pihak mana yang semestinya mengadopsi bayi tersebut, dia belum bisa memutuskan. Dia berharap agar ada warga yang mengakui sebagai pemilik bayi tersebut.

Turut hadir di lokasi kejadian, anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) Desa Pempatan Sertu Komang Gede Redika. Setelah bayi tersebut diamankan di Puskesmas Rendang, banyak warga berdatangan untuk mengadopsi. Bahkan pihak yang menemukan bayi itu I Wayan Surya Wirawan mohon agar dirinya diizinkan untuk mengadopsi bayi tersebut.7k16

Komentar