nusabali

Penggiat Bahasa Ibu dari Bali dan Makassar Kumpul di Bedugul

BASAibu Wiki Kembangkan Partisipasi Publik Berbahasa Bali, Sulawesi, dan Kalimantan

  • www.nusabali.com-penggiat-bahasa-ibu-dari-bali-dan-makassar-kumpul-di-bedugul

TABANAN, NusaBali - BASAibu Wiki mengadakan retreat dan upgrading selama dua hari di Kabinku-Bedugul, Banjar Kembang Merta, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Jumat-Sabtu, 1-2 Maret 2024.

Acara ini diikuti oleh para penggiat bahasa daerah dari Bali dan Makassar sebanyak 20 orang. Retreat dan upgrading BASAibu Wiki dilakukan untuk mengevaluasi program-program kerja yang telah dilakukan sebelumnya sekaligus menyusun rencana strategis pada tahun mendatang. 

Managing Director BASAbali Wiki Putu Eka Guna Yasa M Hum, mengatakan sejak tiga tahun lalu BASAibu Wiki memiliki dua suborganisasi yaitu BASAbali Wiki dan BASAsulsel Wiki. Suborganisasi ini telah melakukan program partisipasi publik dengan bantuan dari Foundation Botnar. Program yang menyasar pemuda untuk berani bersuara dan berdaya dalam menyikapi isu publik. “Program ini diharapkan dapat menginspirasi pemerintah untuk melahirkan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkap Guna Yasa. 

Guna Yasa menegaskan, pemuda adalah agen perubahan yang harus didorong untuk berkontribusi secara kreatif dengan platform digital. “Dengan bahasa ibunya sendiri, mereka akan merasa lebih nyaman dalam menyampaikan isi hatinya kepada pemerintah,” kata dosen sastra ini. 

Tahun ini, inisiatif BASAibu Wiki akan dikembangkan juga di wilayah Kalimantan Selatan. Dengan bantuan US Embassy, BASAibu Wiki secara kolaboratif akan menyusun kamus digital 3 bahasa yaitu bahasa Banjar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Tidak hanya itu, untuk memudahkan partisipasi publik menggunakan bahasa lokal di Sulawesi Selatan, bersama stakeholder lain juga akan dikembangkan kamus tiga bahasa yaitu Makassar, Indonesia, dan Inggris. 

Kamus-kamus ini diharapkan menjadi living dictionary yang memaksimalkan masyarakat untuk bersuara membangun bangsa. Dalam acara ini, BASAibu Wiki merumuskan visi, misi, program, dan kemitraan untuk mencapai lompatan-lompatan lebih tinggi di tahun ini dan yang akan datang. Sama seperti seorang ibu yang memiliki fitrah melahirkan anak, BASAibu Wiki berharap dapat melahirkan model partisipasi publik di seluruh wilayah di Indonesia berbasis bahasa ibu. Acara yang berlangsung dua hari ini dikemas dengan suasana santai namun serius. Hari pertama konsentrasi pada diskusi pengembangan program dan penyempurnaan web. Hari kedua disemarakkan dengan outbound untuk refreshing sekaligus menguatkan kekompakan tim. 7 k21  

Komentar