nusabali

Konjen AS Apresiasi Kiprah BASAbali Wiki

  • www.nusabali.com-konjen-as-apresiasi-kiprah-basabali-wiki

DENPASAR, NusaBali
BASAbali Wiki selama ini dikenal sebagai platform digital yang berupaya melestarikan bahasa dan budaya Bali.

Kiprah BASAbali Wiki sampai pula di telinga Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Jawa Timur. Konjen AS di Surabaya memberikan apresiasi terhadap langkah-langkah yang telah dilakukan BASAbali Wiki dalam menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa Bali terutama kepada generasi muda.  

"BASAbali Wiki merupakan sebuah komunitas dengan platform digital untuk tetap melestarikan dan mengembangkan bahasa dan budaya Bali. Kami bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memajukan dan menguatkan bahasa dan budaya Bali melalui platform digital," ujar Ketua Dewan Penasihat Yayasan BASAbali Wiki, Drs I Gde Nala Antara MHum, pada upacara penyerahan penghargaan dari Konjen AS di Surabaya kepada BASAbali Wiki di UID Bali Kampus, kawasan The Kura Kura Bali, Serangan, Denpasar, Kamis (16/2).

Nala Antara mengatakan, unggulan utama platform digital BASAbali Wiki adalah kamus bahasa Bali digital dalam tiga bahasa. Kamus digital tersebut juga disertai aksara Bali, anggah ungguh bahasa Bali, dan dialek bahasa Balinya. Kamus digital BASAbali Wiki ini, sebut Nala Antara, sudah diakses di 85 negara dan digunakan lebih dari 20 juta pengguna.

"Kami mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa dari konsulat Amerika yang ada di Surabaya," tambah akademisi Sastra Bali, Universitas Udayana ini.

Lebih lanjut mengenai program-program BASAbali Wiki, Nala Antara menyebut pihaknya juga telah beberapa kali menggelar kegiatan Wikithon atau BASABali Wiki Marathon yang dilakukan terus menerus dengan bantuan beberapa foundation. Kegiatan yang menyasar peserta generasi muda menghasilkan beberapa masukan dalam kaitannya dengan isu-isu masyarakat sipil seperti kesehatan, pariwisata, dan lingkungan hidup.  

Dalam acara penyerahaan penghargaan ini, juga termasuk memberikan hadiah pada kegiatan Wikithon terakhir yang mengangkat isu lingkungan hidup. Nala Antara mengatakan, generasi muda adalah ujung tombak Bali di masa depan untuk melanjutkan cita-cita Bali menuju pulau yang sehat, bersih, dan tetap mempertahankan bahasa dan budayanya.

"Generasi muda yang belakangan menjauhi bahasa lokalnya, melalui platform BASABali Wiki ini kita mengajak mereka, karena dengan dunia digital mereka akan lebih tertarik untuk mengembangkan bahasa dan budayanya," kata Nala Antara.

Sementara itu, Pejabat Urusan Publik Konjen AS di Surabaya Joshua Shen menyampaikan, pihaknya berkomitmen mendukung setiap organisasi yang berupaya menjaga tradisi tetap hidup.

Pemerintah Amerika Serikat sendiri sebenarnya juga punya program Ambassador Fund for Cultural Preservation, yang memberikan dana kepada lembaga yang mencoba melestarikan budaya-budaya lokal termasuk bahasa lokal.

Menurut Shen, penting bagi setiap orang mengetahui akar budaya mereka, dari mana sebuah tradisi berasal. Karena dengan mengetahui itu akan terbentuk kepercayaan diri pada diri orang tersebut.  "Hanya dengan mengetahui siapa dirimu kamu bisa sukses. Itu mengapa saya pikir memelihara hubungan dengan budaya kita menjadi sangat penting," tandas Shen.

Acara penganugerahan juga diisi dengan peluncuran buku cerita BASAbali Wiki, Luh Ayu Manik Mas. Buku bergambar super hero perempuan Bali ini telah merilis edisinya yang ke-8 sejak pertama kali diluncurkan tahun 2019 lalu. *cr78

Komentar