nusabali

Wikithon Partisipasi Publik Digelar Kembali

  • www.nusabali.com-wikithon-partisipasi-publik-digelar-kembali

DENPASAR, NusaBali
BASAbali Wiki kembali menggelar program Wikithon Partisipasi Publik untuk menjaring aspirasi terkait isu-isu yang berkembang di masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan untuk kelima kalinya mengangkat tema ‘Ngwangun Desa’. Untuk itu, BASAbali Wiki mengadakan kegiatan sosialisasi dan workshop bersama Pasikian Yowana Provinsi Bali di aula gedung Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, Jalan Cok Agung Tresna Nomor 67, Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur, Jumat (8/4).

Selain dihadiri oleh perwakilan sekaa truna (ST) se-Bali, kegiatan tersebut juga mengundang influencer Bali Mamed Wedanta. Kepada peserta dipaparkan mengenai Wikithon Partisipasi Publik dan soal program-program yang dimiliki BASAbali Wiki.

I Kadek Agus Juniantara selaku panitia Wikithon BASAbali Wiki mengatakan, kegiatan Wikithon Partisipasi Publik merupakan kerjasama BASAbali Wiki yang dikenal sebagai platform digital Bahasa Bali dengan Pemerintah Provinsi Bali.

Juniantara menjelaskan, Wikithon Partisipasi Publik berupaya untuk meminta saran kepada masyarakat, terutama generasi muda, mengenai cara apa yang dapat dilakukan pemerintah untuk membantu meningkatkan potensi masing-masing desa di Provinsi Bali.

Dijelaskan, Wikithon Partisipasi Publik Ngwangun Desa diselenggarakan dengan cara mengirim video singkat berbahasa Bali berdurasi 1-3 menit mengenai potensi desa tempat tinggal masing-masing. Video dapat dikirimkan mulai 26 Maret hingga 16 April 2022. Pemenang Wikithon akan diumumkan pada 24 April 2022.

Karya yang masuk nantinya akan dinilai langsung oleh perwakilan Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali, Ketua Manggala Utama Pasikian Yowana Bali Ida Dwagung Lesmana, dan influencer dan content creator Bali Mamed Wedanta.

Para juri tersebut nantinya akan memberikan nilai, termasuk memberi masukan atau komentar terhadap karya peserta untuk meyakinkan peserta bahwa karya mereka benar-benar didengarkan oleh para pemangku kebijakan.

Masyarakat umum nantinya juga bisa  memberikan komentar dan voting terhadap entri pilihan mereka.

Lewat kegiatan ini, BASAbali Wiki bertujuan untuk menginspirasi terciptanya debat sipil yang konstruktif dan produktif tentang isu-isu publik termasuk masukan demi kemajuan desa di Bali.  

Manggala Utama Pasikian Yowana Provinsi Bali Ida Dwagung Lesmana, berharap para yowana Bali dapat mengikuti kompetisi Wikithon Partisipasi Publik untuk memberikan sumbang saran kepada Pemprov Bali menjalankan roda pemerintahan.

“Semoga para yowana dapat berjalan beriringan dengan Pemprov Bali melalui kompetisi Wikithon Partisipasi Publik, mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali sesuai dengan arah kebijakan dan program Pemprov Bali,” kata Lesmana.

Untuk diketahui, BASAbali Wiki adalah sebuah organisasi yang terbentuk dari komunitas para akademisi, seniman, advokat, mahasiswa, dan cendekiawan yang bersama-sama membuat sebuah platform yang dapat digunakan publik untuk berbagi, berdebat, menyimpan, dan menyoroti topik penting di kalangan masyarakat.

Sejak 2014, platform yang telah digunakan oleh lebih dari 2,5 juta orang ini, memiliki bagian khusus dalam ruang komunitas digital untuk memasukkan berbagai informasi seputar biografi para tokoh Bali, informasi seputar Covid-19, masukan dari para generasi milenial, dan masih banyak lagi.

Sebagai salah satu program yang dimiliki BASAbali Wiki, Wikithon Partisipasi Publik sudah dilakukan sejak 2020. Tiga kompetisi sudah dilakukan pada tahun tersebut. Sementara kompetisi kali ini adalah untuk kedua kalinya. *cr78

Komentar