nusabali

Sukaja Gagal Masuk DPRD Tabanan

  • www.nusabali.com-sukaja-gagal-masuk-dprd-tabanan

TABANAN, NusaBali - Harapan politisi kawakan I Wayan Sukaja menjadi anggota DPRD Tabanan akan pupus. Karena setelah dilakukan pleno di kecamatan, suara yang didapat kurang memuaskan.

Dari data yang dihimpun, Sukaja yang dicalonkan Partai Golkar bertarung di Dapil IV (Kediri - Marga) hanya memperoleh 1.145 suara. Dengan rincian di Kecamatan Marga memeroleh suara 807 dan di Kecamatan Kediri hanya 338 suara. Praktis gugurnya Sukaja yang menjadi andalan Golkar mendulang suara, sudah selesai. Di dapil IV Golkar hanya bisa mempertahankan incumbent I Wayan Gindera dengan raihan suara 2.023 dengan rincian di Kecamatan Kediri memperoleh 1.998 suara dan di Kecamatan Marga hanya 25 suara. 

Dikonfirmasi terpisah, Wayan Sukaja mengakui suara yang didapat kurang. Di Kecamatan Marga hanya memperoleh 807 suara. “Kalau di Kecamatan Kediri belum saya ketahui, saya tidak memantau,” ujarnya, Jumat (1/3). 

Menurutnya, untuk mendulang suara di Dapil IV memang sulit. Dia menyatakan melawan bansos dengan tangan kosong jauh berbeda. Kecuali tarungnya sama-sama menggunakan tangan kosong. “Kesulitan sudah pasti, kami lawannya politisi yang memakai dana bansos. Lagi pula kami juga pendatang baru,” akunya. 

Dia mengaku biasa-biasa saja dengan tak lolosnya maju di Pileg 2024. Tentu kejadiannya ini bakal menjadi bahan evaluasi ke depan. Untuk diketahui, Sukaja merupakan mantan Sekretaris DPC PDIP Tabanan 2005-2010. Namun dia dipecat PDIP karena pilih maju sebagai Calon Bupati (Cabup) di Pilkada. Sukaja juga sempat berurusan hukum hingga masuk penjara. Selepas dari penjara, dia memulai petualangan politiknya dengan masuk ke sejumlah parpol.

Sempat masuk Partai Hanura, lalu masuk Partai Golkar dan Partai NasDem (tahun 2016). Di NasDem dia sempat menjadi Wakil Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan DPW NasDem Bali. Kemudian kembali lagi masuk parpol berlambang pohon beringin awal Juli 2022. Saat pendaftaran Caleg ke KPU Tabanan, Minggu (14/5) tahun 2023 lalu, sekitar pukul 16.30 Wita, dari Partai Golkar  dia membawa sekitar 400 simpatisan. Mereka berjalan dari Kantor Golkar Tabanan di Jalan KS Tubun menuju Kantor KPU Tabanan sekitar 1 kilometer. Turut pula diiringi Baleganjur dan Okokan. Disebutkan simpatisan yang datang tersebut berasal dari pasukan Wayan Sukaja.

Sebelumnya Ketua DPD II Golkar Tabanan I Nyoman Wirya mengatakan Pileg 2024 untuk raihan kursi DPRD Tabanan Golkar hanya bisa mempertahankan empat kursi. Golkar kehilangan satu kursi di Dapil I (Tabanan-Kerambitan). Empat kursi yang dipertahankan ini seluruhnya dari incumbent. Mereka adalah I Made Asta Darma Dapil I (Tabanan-Kerambitan), I Ketut Budi Adnyana Dapil II (Selemadeg Raya-Pupun). Kemudian I Nyoman Wirama dari Dapil III (Penebel-Baturiti), dan I Wayan Gindera dari Dapil IV (Kediri-Marga).7des

Komentar