nusabali

Dinas PKP Siagakan Pemeriksa Babi

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-siagakan-pemeriksa-babi

BANGLI, NusaBali -Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli memastikan ketersediaan babi siap potong di Bangli menjelang hari raya Galungan, sangat memadai. Dinas akan menerjunkan petugas untuk memeriksa babi.

Kepala Dinas PKP Bangli I Wayan Sarma mengatakan untuk stok babi jelang hari raya Galungan masih aman.  Estimasi jumlah populasi Babi di Bangli sebanyak 85.321 ekor  dengan ketersedian daging babi  sebanyak 1.395 ton. Kebutuhan daging babi untuk hari raya  Galungan sebanyak 525 ton. "Ini artinya  stok daging babi aman untuk Galungan memadai. Meski adanya peningkatam kebutuhan daging babi jelang hari raya Galungan," jelasnya Minggu (25/2).

Lanjutnya, guna kesehatan babi yang akan di potong, pihaknya menurunkan tim  yang akan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan babi yang dipotong, sehingga daging babi  tersebut layak dikonsumsi. "Pemeriksaan libatkan dokter hewan, setidaknya  ada 17 dokter hewan  turun melakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Menurutnya, tempat pemotongan babi tersebar di banyak titik. Petugas akan memeriksa dengan mengambil sampel di seluruh kecamatan. Pemeriksaan dilakukan dua tahap yakni pemeriksaan antemortem dan postmortem. "Pemeriksaan dilakukan oleh tim di masing-masing kecamatan dan tim akan mengambil sampel untuk diperiksa. Kepada masyarakat kami berharap dalam mengolah daging babi dilakukan dengan baik yakni dimasak dengan matang," sambungnya. Harga daging babi, kata Sarma, berkisar Rp 38.000 - Rp 40.000 per kilogram.7esa

Komentar