nusabali

Harga Beras Melambung, Pemkab Gelar Pasar Murah

  • www.nusabali.com-harga-beras-melambung-pemkab-gelar-pasar-murah

NEGARA, NusaBali - Pemkab Jembrana menggelar pasar murah di halaman Gedung Kesenian DR Ir Soekarno, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Jumat (23/2). Pasar murah ini menjadi upaya pengendalian harga sembako serangkaian menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Terutama harga beras yang tengah melambung.

Pasar murah yang dipusatkan di Gedung Kesenian DR Ir Soekarno, ini diadakan untuk umum. Termasuk bagi pegawai jajaran Pemkab Jembrana. Sejumlah komoditas dijual lebih murah dibanding harga pasaran. Seperti dari Bulog menyediakan paket sembako seharga Rp 138.000. 

Per paket sembako itu terdiri dari 2 beras kemasan 5 kilogram, 1 liter minyak, serta 1 kilogram (kg) gula pasir. Paket sembako murah itu pun tampak paling banyak diburu. Termasuk disediakan berbagai komoditas untuk keperluan upakara yang dijual langsung dari pihak distributor. 

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan (KUKMP) Jembrana I Komang Agus Adinata mengatakan, selain pengendalian harga, pasar murah ini juga upaya membantu masyarakat dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Hal ini pun menyikapi kenaikan harga beras yang tengah melambung menjelang hari raya. 

"Sekalian membantu masyarakat untuk keperluan menjelang hari raya, juga karena situasi harga sembako yang terus meningkat. Sehingga perlu dilakukan pengendalian, salah satunya dengan pasar murah ini," ujar Agus Adinata. 

Menurut Agus Adinata, kenaikan harga beras saat ini tidak hanya terjadi di Jembrana.  Namun kenaikan harga beras terjadi secara nasional, bahkan di market global. Di Jembrana sendiri, harga beras premium di pasaran telah menembus Rp 17.000 per kg. Kemudian untuk kelas medium Rp 16.000 per kg. 

"Kalau di pasar murah, dari Bulog menyediakan beras SPHP (stabilitas pangan dan harga pangan) dengan kemasan 5 kilogram dengan harga per kilonya Rp 10.600. Setiap pasar murah, disediakan sebanyak 2 ton beras SPHP," ucap Agus Adinata.

Dalam menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan kali ini, ada tiga kali kegiatan pasar murah. Pasar murah di Gedung Kesenian DR Ir Soekarno, Jumat kemarin, adalah yang kedua. Sebelumnya pada Kamis (22/2), diadakan pasar murah di Pasar Umum Pekutatan, Desa/Kecamatan Pekutatan. Sedangan yang terkahir akan diadakan pada Senin (26/2) di Kelurahan Balar Bale Agung, Kecamatan Negara.7ode

Komentar