nusabali

Perumda Air Minum Tirta Mangutama Terbitkan 378 Rekomendasi Izin Penggunaan ABT

  • www.nusabali.com-perumda-air-minum-tirta-mangutama-terbitkan-378-rekomendasi-izin-penggunaan-abt

MANGUPURA, NusaBali - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung menerbitkan sebanyak 378 surat rekomendasi terkait izin penggunaan Air Bawah Tanah (ABT). Surat rekomendasi ini adalah syarat awal bagi pelaku usaha yang hendak mengurus perizinan untuk penggunaan ABT.

“Penerbitan rekomendasi merupakan langkah awal yang harus diambil sebelum proses perizinan dapat dilanjutkan. Hal ini juga menjadi bagian dari persiapan bagi pelaku usaha, terutama vila-vila, dalam memenuhi kebutuhan air yang dibutuhkan,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Mangutama Putu Wawan Wiadnyana, Jumat (23/2).

Dijelaskan, dari 378 surat rekomendasi yang dikeluarkan memang tidak semuanya langsung menjadi pelanggan Perumda Air Minum Tirta Mangutama. Namun diakui, dari jumlah itu sebagian besar sudah menjadi pelanggan PDAM Tirta Mangutama Badung.

“Sampai saat ini, dari 378 surat rekomendasi yang kita keluarkan, hampir semuanya terkategori sudah menjadi pelanggan optimal dalam menggunakan air kami. Memang tidak seluruhnya menjadi pelanggan, tapi sebagian besar sudah menjadi pelanggan,” jelasnya.

Wiadnyana melanjutkan, dengan langkah-langkah seperti penerbitan rekomendasi ini, Perumda Air Minum Tirta Mangutama berusaha untuk memastikan bahwa penggunaan air terutama ABT dapat terkelola dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan dengan optimal.

Di sisi lain, penerbitan rekomendasi ini tidak hanya menjadi syarat formal, tetapi juga menjadi tantangan bagi dalam menyiapkan keperluan air yang dibutuhkan oleh pelaku usaha. “Dengan pemberlakuan rekomendasi ini, kebutuhan akan ABT harus mematuhi prosedur yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Melansir dari situs tirtamangutama.badungkab.go.id, adapun persyaratan permohonan untuk surat rekomendasi untuk izin ABT antara lain mengajukan surat permohonan rekomendasi Perumda Air Minum Tirta Mangutama untuk memperpanjang izin ABT, mencantumkan rata-rata kebutuhan air per hari (M3), mencantumkan nomor sambungan pelanggan jika sudah menjadi pelanggan Perumda Air Minum Tirta Mangutama, melakukan pendaftaran pada aplikasi SLIK bila belum menjadi pelanggan, mencantumkan nomor HP atau contact person, serta membuat surat pernyataan yang isinya memprioritaskan dan memaksimalkan penggunaan air Perumda Air Minum Tirta Mangutama. 7 ind

Komentar