nusabali

1.745 Peserta Didik pada Kegiatan Uji Kompetensi VI LSP LPK Monarch Bali

  • www.nusabali.com-1745-peserta-didik-pada-kegiatan-uji-kompetensi-vi-lsp-lpk-monarch-bali

Komitmen LPK Monarch Bali dalam rangka mendukung Program Pemerintah Kios Three in One terimplementasi secara nyata melalui proses pelatihan, sertifikasi dan penempatan. 

DENPASAR, NusaBali
Proses ini menjadi media evaluasi bagi proses kegiatan pendidikan dan pelatihan sehingga tercipta inovasi program pelatihan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten. 

LPK Monarch Bali yang bernaung di bawah Yayasan Widhi Sastra Nugraha berkomitmen membentuk sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang pariwisata, dimana kegiatan sertifikasi dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi LPK Monarch Bali. Pada tanggal 17-20 Juli 2017 LSP LPK Monarch Bali melaksanakan kegiatan uji kompetensi di empat (4) Tempat Uji Kompetensi (TUK). Pelaksanaan kegiatan uji kompetensi yang diikuti oleh 1.745 peserta didik yang tersebar di 4 (empat) Tempat Uji Kompetensi (TUK) yaitu: TUK Monarch Dalung sebanyak 665 peserta uji, TUK Monarch Gianyar sebanyak 397 peserta uji, TUK Monarch Candidasa sebanyak 301 peserta uji, dan TUK Monarch Singaraja sebanyak 382 peserta uji.

Pelaksanaan kegiatan uji kompetensi ini merupakan bagian dari Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di bidang Pariwisata, dimana calon tenaga kerja dan tenaga kerja bidang pariwisata wajib memiliki sertifikat kompetensi. 

Skema yang digunakan oleh LSP LPK Monarch Bali dalam pelaksanaan Uji Kompetensi bagi peserta didik Monarch Bali adalah Skema Sertifikat Level III yang terbagi atas 5 (lima) bidang yaitu Skema Sertifikat Level III Cookery, Skema Sertifikat Level III Housekeeping, Skema Sertifikat Level III Front Office, Skema Sertifikat Level III Food and Beverages Service (Waiting), dan Skema Sertifikat Level III Food and Beverages Service (Beverage).

Lembaga Sertifikasi Profesi LPK Monarch Bali yang menjembatani pelaksanaan sertifikasi kompetensi sektor pendidikan mendapatkan dukungan anggaran dari Asisten Deputi Pengembangan SDM Kepariwisataan, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementrian Pariwisata Tahun 2017. 

Kegiatan Uji Kompetensi ini dimonitoring langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum Drs. Muhammad Yusuf,M.Pd bersama team dari Kementrian Pariwisata RI di 3 (tiga) Tempat Uji Kompetensi yang berbeda yaitu TUK Monarch Bali, TUK Monarch Gianyar dan TUK Monarch Candidasa.

Direktur LSP-LPK Monarch Bali, I Nengah Yasa Adi Susanto, S.H., M.H., CHT yang menemani team Kementrian Pariwisata RI pada saat monitoring Uji Kompetensi di TUK Monarch Bali  menyampaikan bahwa sertifikasi kompetensi menjadi hal mendasar dan mutlak dalam menyikapi kebutuhan industri pariwisata yang sangat kompetitif. Oleh karena itu, LSP-LPK Monarch Bali yang telah memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) secara konsisten akan terus melaksanakan proses sertifikasi kepada semua lulusan LPK Monarch Bali. *

Komentar