nusabali

Kali Ketiga, TPS3R Culik Terbakar

  • www.nusabali.com-kali-ketiga-tps3r-culik-terbakar
  • www.nusabali.com-kali-ketiga-tps3r-culik-terbakar

Api menjalar hingga ke sampah di lapisan bawah hingga petugas kesulitan memadamkan

AMLAPURA, NusaBali  - TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle) Desa Adat Culik, Kecamatan Abang, Karangasem, terbakar yang ketigakalinya, Rabu (21/2) malam. Penyebabnya belum diketahui. 

TPS ini berlokasi di Banjar Batang, Desa Labasari, Kecamatan Abang, namun masih wilayah Desa Adat Culik. Petugas pemadam kebakaran terjun ke lokasi melibatkan 9 orang, memadamkan api di TPS3R seluas 10 are hingga menghabiskan 22.000 liter.

"Ya, kembali terbakar, saya sendiri tidak tahu penyebabnya, petugas pemadam kebakaran telah menangani hingga malam hari," jelas Perbekel Culik I Wayan Putu Sedana.

Dia menduga, penyebab kebekaran karena ada puntung rokok menyala yang dibuang warga ke tengah timbunan sampah. Dengan itu, api menjalar hingga ke sampah di lapisan bawah hingga petugas kesulitan memadamkan.

Sebelumnya TPS3R Desa Adat Culik terbakar, Rabu (3 Agustus 2022) dan 16 Agustus 2019. Perbekel I Wayan Putu Sedana yang melaporkan kejadian itu diterima petugas jaga I Gede Manik Merta di Pos Pemadam Kebakaran Jalan Gunung Agung Amlapura.

Kasi PKPE (Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi) Dinas Pemadam Kebakaran I Wayan Putu Darma Kartika yang memimpin penanganan itu, bolak-balik mengambil air hingga api benar-benar padam, lanjut pendinginan. Dia mengaku belum mengetahui penyebab kebakaran itu, yang terjadi ketiga kalinya di tempat yang sama. 

Sedangkan TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Desa Pertima, Kecamatan Karangasem, berlokasi di Banjar Adat Asak Kawan, Desa Pertima, juga terbakar, Rabu (21/2) pukul 18.21 Wita. Sebelumnya TPA itu terbakar, Minggu (8 Januari 2023) pukul 12.05 Wita. Dampak dari kebakaran itu, asapnya mengepul, hingga menyebar ke rumah-rumah warga yang padat pemukiman. Sebab, TPA berada di dekat pemukiman warga.

Warga I Made Mujana yang melaporkan kejadian itu ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem laporan diterima petugas I Kadek Artika Gustimawan. Lahan TPA yang terbakar 10 are, ditangani 12 petugas yang mendatangi lokasi hingga menghabiskan 20.000 liter.7k16

Komentar