nusabali

TPID Gianyar Klaim Harga Sembako Stabil, Stok Aman

  • www.nusabali.com-tpid-gianyar-klaim-harga-sembako-stabil-stok-aman

GIANYAR, NusaBali - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama Polres Gianyar dan Kejaksaan Negeri Gianyar menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar di Gianyar, Kamis (22/2) pagi. Sidak untuk memastikan stok dan harga bahan pokok stabil menjelang Hari Raya Galungan, Kuningan, dan Nyepi. Pasar yang dikunjungi di antaranya Pasar Rakyat Gianyar dan Pasar Blahbatuh.

Kegiatan diawali dengan pengecekan pedagang yang menjual sembako maupun kebutuhan lainnya di Pasar Rakyat Gianyar. Dilanjutkan ke Pasar Blahbatuh. Hasil pantauan di pasar, stok dan harga sembako dipastikan relatif stabil. Kadis Perindustrian dan Perdagangan Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suary mengatakan, mengantisipasi kelangkaan stok dan kenaikan harga menjelang Hari Raya Galungan, Kuningan, dan Nyepi, TPID bersama pihak-pihak terkait melaksanakan sidak ke sejumlah pasar. “Kami pastikan stok dan harga bahan pokok di pasaran masih relatif stabil. Kami tidak menemukan kenaikan harga signifikan menjelang hari raya,” ujar Eka Suary.

Eka Suary memastikan stok kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Galungan, Kuningan, dan Nyepi masih aman. “Terutama kami monitor beras. Stok ada namun masih di harga 17.000/Kg, harga bawang merah dan bawang putih tidak ada kenaikan,” ungkap Eka Suary. Meski ada sedikit kenaikan harga, daya beli masyarakat terpantau masih cukup tinggi untuk berbelanja karena memenuhi kebutuhan hari raya. Eka Suary berharap pasokan dan harga kebutuhan pokok tetap stabil hingga hari raya sehingga inflasi daerah dapat dikendalikan.

Disamping memantau kebutuhan pokok, TPID bersama Polres Gianyar dan Kejari Gianyar juga memantau ketersediaan elpiji 3 Kg. Stok masih aman, tidak terjadi kelangkaan. Harga beras premium masih tetap di harga Rp 16.500/Kg, gula pasir Rp 17.000/Kg, telur ayam ras Rp 28.000/Kg, minyak goreng Rp 17.000/liter, daging babi Rp 80.000/Kg, daging ayam Rp 38.000/Kg, cabai rawit merah Rp 80.000/Kg, bawang merah Rp 25.000/Kg, dan bawang putih Rp 35.000/Kg. 7 nvi

Komentar