nusabali

Jelang Galungan, Pemkab Bangli Gelar Pasar Tani

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-pemkab-bangli-gelar-pasar-tani

BANGLI, NusaBali - Pemkab Bangli melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli menggelar Pasar Tani di areal Alun-alun Bangli, Selasa (20/2). Pasar ini digelar serangkaian menyambut Hari Raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (28/2), serta memberikan ruang  pejualan hasil panen kepada petani lokal.

Pasar Tani dihadiri Wakil Bupati (Wabup) I Wayan Diar, Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny Sariasih Sedana Arta, dan sejumlah pejabat. Kepala Dinas PKP Bangli I Wayan Sarma mengatakan kegiatan Pasar Tani ini bertujuan  untuk meningkatkan keterjangkauan harga oleh masyarakat. Mengingat hari raya Galungan sudah dekat, tentunya harga-harga akan merangkak naik. "Kami hadirkan para petaninya langsung supaya masyarakat bisa mendapatkan harga ditingkat petani," ujarnya.

Kegiatan pasar tani kali ini pertama dilaksanakan tahun 2024. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan 24 kali dalam setahun. Pasar ini menggandeng sejumlah petani dan didukung Bank BPD Bali. "Tentunya kami berharap kegiatan ini bisa menekan inflasi di Kabupaten Bangli," kata Wayan Sarma. 

Disela-sela meninjau Pasar Tani, Wabup Bangli Wayan Diar menyampaikan Pemkab Bangli melalui Dinas PKP melaksanakan Pasar Tani dengan bekerjasama BPD Bali. Pembeli yang melakukan trasaksi dengan QRIS mendapat subsidi sebesar Rp 5.000. 

Lanjutnya, Pasar Tani ini merupakan upaya pemerintah daerah menjembatani antara produsen yakni para petani dengan konsumen. Terutama konsumen di sini adalah para ASN yang ada di kabupaten Bangli, agar ikut membantu berbelanja hasil-hasil petani yang dibawa.

Pelaksanaan pasar tani juga dalam rangka menyambut hari raya Galungan. Dari sisi konsumen, kebutuhan mereka untuk hari raya terpenuhi. Begitupun dari sisi produsen, mereka bisa menjual hasil produksinya untuk membeli kebutuhan pokok lainnya. "Tujuannya lebih untuk membantu petani agar lebih dekat dengan konsumennya. Sehingga diharapkan produksinya terserap dengan maksimal," ungkapnya.@7esa

Komentar