nusabali

KKN Tematik Pemilu Mahasiswa Undiknas Turut Sukseskan Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-kkn-tematik-pemilu-mahasiswa-undiknas-turut-sukseskan-pemilu-2024
  • www.nusabali.com-kkn-tematik-pemilu-mahasiswa-undiknas-turut-sukseskan-pemilu-2024
  • www.nusabali.com-kkn-tematik-pemilu-mahasiswa-undiknas-turut-sukseskan-pemilu-2024

DENPASAR, NusaBali.com – Puncak kontestasi Pemilu 2024 telah usai, namun kisah menarik dari pesta demokrasi lima tahunan ini masih terus bergulir. Salah satu yang patut disorot adalah peran aktif generasi muda dalam mengawal jalannya proses demokrasi.

Di Kota Denpasar, partisipasi para mahasiswa dari Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) menjadi contoh nyata kontribusi kaum muda dalam menyukseskan Pemilu 2024. Sebanyak 765 mahasiswa diterjunkan ke seluruh wilayah Denpasar untuk melakukan sosialisasi dan membantu penyelenggara di tingkat desa/kelurahan dan kecamatan.

"Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan Pemilu 2024, sekaligus memberikan pengalaman baru bagi para mahasiswa dalam hal kepemiluan," ungkap Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Undiknas, Ir I Wayan Sutama MT IPM, Minggu (18/2/2024).

Sutama menjelaskan, para mahasiswa ini telah membantu banyak hal, mulai dari sosialisasi, distribusi logistik, hingga pengamanan dan dokumentasi di TPS. Antusiasme mereka dalam membantu penyelenggara dan memahami proses demokrasi patut diapresiasi.

Para mahasiswa itu berasal dari empat fakultas, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, dan Fakultas Teknik dan Informatika. Kelompok mahasiswa ini, dibagi ke dalam 47 kelompok, 43 kelompok diantaranya tersebar di setiap desa/kelurahan yang ada di wilayah Kota Denpasar. Sedangkan, empat kelompok lainnya ditempatkan di tingkat kecamatan.

Jumlah mahasiswa yang terlibat di desa/kelurahan bervariasi, berkisar antara 15 sampai 19 orang. Masing masing kelompok dibimbing oleh 1 orang Dosen Pembimbing,” jelas Kepala LP2M Undiknas itu.

Sutama, menjelaskan, kegiatan KKN Pemilu yang dilaksanakan dari tanggal 15 Januari hingga 1 Maret 2024 ini akan menjadi media pembelajaran yang komprehensif bagi para mahasiswa. Setelah menyelesaikan kegiatan KKN ini, para mahasiswa akan membuat sebuah laporan tertulis yang akan diterbitkan pada jurnal pengabdian kepada masyarakat masyarakat yang terakreditasi.

“Sejauh pengamatan kami, para mahasiswa sangat antusias dan aktif membantu PPS maupun PPK di lokasinya masing-masing.  Mahasiswa menyampaikan bahwa mereka menjadi paham dan mengerti administrasi dari Pemilu, memahami pentingnya sosialisasi  untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,” terang Sutama.

Ditemui terpisah, Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Denpasar, Megawati Purnama Sari Wijaya, mengungkapkan bahwa peran para mahasiswa Undiknas sangat terasa, terutama dalam kegiatan sosialisasi.

"Kami sangat mengharapkan bentuk kerjasama dengan pihak kampus ini dapat berlanjut. Kita ingin melibatkan sebanyak mungkin kaum muda dalam kegiatan Pemilu, karena jumlah pemilih pemula cukup banyak," tandas Mega.

KPU Kota Denpasar selaku pihak penyelenggara Pemilu, sangat mengapresiasi keikutsertaan Mahasiswa Undiknas dalam menyukseskan kegiatan Pemilu 2024 ini. Dalam pelaksanaannya, para mahasiswa ini telah membantu banyak hal, mulai dari kegiatan sosialisasi Pemilu 2024, distribusi logistik, hingga pada pengamanan dan membuat dokumentasi kegiatan pemungutan suara di setiap TPS. 

 “Kami sangat mengharapkan, bentuk kerjasama dengan pihak kampus ini dapat berlanjut dalam kesempatan yang akan datang. Kita ingin melibatkan sebanyak mungkin kaum muda dalam kegiatan Pemilu, karena jumlah pemilih pemula untuk sekarang ini cukup banyak,” tandas Mega.*ol4


Komentar