nusabali

Ogoh-Ogoh ST Jaya Santhi Siap Meriahkan Nyepi Tahun Baru Caka 1946

  • www.nusabali.com-ogoh-ogoh-st-jaya-santhi-siap-meriahkan-nyepi-tahun-baru-caka-1946

DENPASAR, NusaBali.com - Para yowana di Banjar Abian Tubuh Kesiman makin bersemangat menyambut datangnya Nyepi Tahun Baru Caka 1946. Sejak Desember 2023, Sekaa Teruna Teruni (STT) Jaya Santhi telah menggencarkan proses pembuatan ogoh-ogoh.

Karya seni raksasa ini bukan sembarang ogoh-ogoh. Terinspirasi dari cerita rakyat Bali, ogoh-ogoh setinggi 3,5 meter ini menampilkan 4 karakter utama dan figuran yang sarat makna. Penggunaan bahan ramah lingkungan pun menjadi komitmen STT Jaya Santhi dalam menjaga kelestarian alam.

Meskipun dihadapkan dengan kesibukan Galungan, Kuningan, dan persiapan ngerebong, semangat para pemuda tak surut. Di bawah kepemimpinan I Kadek Yogi Pramana Putra, ketua panitia ogoh-ogoh 2024, mereka bahu-membahu menyelesaikan ogoh-ogoh ini.

"Kami berusaha seimbang dalam menghadapi kegiatan keagamaan, adat, dan persiapan Nyepi," ungkap Yogi, Jumat (2/2/2024).

Tantangan tak terelakkan. Proses pengerjaan sempat terhambat karena renovasi Banjar. STT Jaya Santhi harus memindahkan ogoh-ogoh ke griya di dekat Banjar.

"Pengerjaan ogoh-ogoh ini pun tidak menentu, kami melihat keadaan, situasi, dan kondisi bersama rekan-rekan STT lainnya," jelas Yogi.

Di tengah situasi politik dan ekonomi yang dinamis, Yogi berharap agar ogoh-ogoh ini dapat menjadi simbol persatuan dan semangat positif bagi STT dan masyarakat Banjar.

"Semoga rentetan kegiatan keagamaan dan politik ini tidak memberikan pengaruh negatif, melainkan semoga dapat memberikan dampak positif bagi STT dan masyarakat Banjar," harapnya.

Ogoh-ogoh STT Jaya Santhi tak hanya semarakkan Nyepi, tapi juga menjadi bukti nyata dedikasi dan kreativitas generasi muda dalam menjaga tradisi dan budaya Bali. *m03

Komentar