nusabali

Tu De Subawa Telikung Gus Mayun

Melesat dengan 5.700 Suara, Amankan 1 Kursi di Dapil Dentim

  • www.nusabali.com-tu-de-subawa-telikung-gus-mayun

Tu De Subawa punya kekuatan dukungan utama di Banjar Taman Yangbatu, Banjar Yangbatu Kangin, Banjar Yangbatu Kauh serta Banjar Kelandis

DENPASAR, NusaBali
Perebutan kursi DPRD Denpasar di Daerah Pemilihan (Dapil) Denpasar Timur di Pemilu 2024 melahirkan kejutan. Caleg new comer dari Partai Golkar, I Gede Dwi Purnama Putra,35 (Tu De Subawa) melesat telikung incumbent yang merupakan seniornya di Golkar Denpasar, Ida Bagus Mayun Komala Putra alias Gus Mayun. Tu De Subawa dipastikan mengamankan 1 kursi DPRD Denpasar di dapil Dentim dengan mengantongi sementara 5.700 suara.

Tu De Subawa merupakan putra kedua dari tokoh Golkar Bali yang juga mantan Penjabat Bupati Badung 2005 sekaligus mantan Sekda Badung I Wayan Subawa. Sementara Gus Mayun merupakan politisi asal Desa Sumerta Kaja, Kecamatan Denpasar Timur yang sudah 3 periode bercokol di DPRD Denpasar. 

Informasi yang diperoleh NusaBali, di Denpasar, Jumat (16/2), Partai Golkar dipastikan mengamankan 1 kursi DPRD Denpasar di dapil Denpasar Timur dengan perolehan sementara 11.222 suara. PDI Perjuangan tetap menjadi jawara dengan perolehan sementara 31.809 suara. Kemudian, Partai Gerindra dengan perolehan sementara 9.643 suara, Partai Demokrat dengan perolehan sementara 4.940 suara, Partai NasDem dengan perolehan sementara 3.431 suara, PSI dengan perolehan sementara 2.620 suara. 

Dengan demikian, diprediksi, PDIP berpeluang menyapu 4 kursi, Partai Golkar mengamankan 1 kursi, Partai Gerindra berpeluang merebut 1 kursi, Partai Demokrat berpeluang amankan 1 kursi. Sementara 1 kursi lagi berpeluang direbut Partai NasDem dan Partai Golkar. Ada 8 kursi dewan akan diperebutkan di Dapil Dentim.

Pada Pileg 2019, Partai Golkar berhasil merebut 8 kursi dari total 45 kursi DPRD Denpasar. Perolehan 8 kursi tersebut tersebar di 4 kecamatan dengan rincian, Kecamatan Denpasar Barat I (1 kursi), Denpasar Barat II (1 kursi), Denpasar Utara (2 kursi), Denpasar Selatan (2 kursi) dan Denpasar Timur (2 kursi). 

Jika Partai NasDem bisa mengamankan suaranya, Partai Golkar terancam kehilangan 1 kursi di dapil Dentim. Sehingga, Gus Mayun yang buat sementara memperoleh 2.658 suara terancam tidak lolos ke kursi dewan. Bocoran yang diperoleh NusaBali, di Denpasar, Jumat, Golkar dan NasDem berpeluang tarung berebut sisa 1 kursi lagi dengan pertarungan di 8 TPS lagi. “Di 8 TPS yang belum masuk rekapitulasinya basis Partai NasDem,” ujar sumber NusaBali, Jumat.

Tu De Subawa sendiri berjaya dengan kekuatan pendukung dan relawan secara merata di dapil Dentim. Menurut Ketua Tim Relawan, Wayan Suastika, Tu De Subawa punya kekuatan dukungan utama di Banjar Taman Yangbatu, Banjar Yangbatu Kangin, Banjar Yangbatu Kauh serta Banjar Kelandis. “Selain itu, memang dukungan relawan menyebar di seluruh Denpasar Timur. Ada 352 TPS di Dentim, suara Tu De merata di setiap TPS. Ini di luar dugaan, kami sebagai tim relawan yang telah bekerja sejak setahun lalu hanya mengandalkan sosialisasi efektif. Menyama braya yang paling dikedepankan,” ujar pensiunan guru ini. 

Suastika mengatakan, perolehan suara Tu De Subawa sudah direkapitulasi berbasis TPS dibackup dengan quick count melibatkan 92 orang. “Ada sekitar 8 TPS (2,27 persen) dari 352 TPS belum masuk direkap. Tetapi hasil ini sudah tidak akan banyak berubah jika suara dari 8 TPS sudah masuk,” ujar Suastika.

Meskipun Tu De Subawa dipastikan lolos ke kursi DPRD Denpasar, menurut Suastika, pihak tim relawan tetap menunggu pengumuman resmi KPU Denpasar. “Kami di tim relawan tetap menunggu pengumuman dan perhitungan resmi dari KPU Denpasar,” ujar Suastika ditemui di Posko Relawan.n nat

Komentar