nusabali

Asita Optimistis Bakal Banyak Wisman ke Bali

Pemilu Berlangsung Aman

  • www.nusabali.com-asita-optimistis-bakal-banyak-wisman-ke-bali

DENPASAR, NusaBali - Pelaku industri pariwisata mengapresiasi pelaksanaan Pemilu, Rabu (14/2) yang berlangsung aman dan lancar, khususnya di Bali. Hal memberi citra positif wilayah yang dijuluki sebagai Pulau Dewata itu sebagai destinasi wisata yang aman dan kondusif. Hal itu diyakini akan memompa lebih banyak wisatawan datang ke Bali.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Association of The Indonesia Tours and Travel Agencies/DPD Asita Bali, I Putu Winastra, Kamis (15/2).

“Dengan pemilu yang berlangsung tentram, aman dan kondusif, jelas ini memberi nilai positif buat Bali,” ujarnya.

Kata dia, lebih khusus lagi pada industri pariwisata, pemilu yang berlangsung aman dan lancar   akan memberi dampak positif bagi sektor pariwisata Bali. Apalagi, untuk tahun 2024 wisatawan khususnya wisman ditargetkan lebih banyak lagi yang datang ke Pulau Seribu Pura ini, dibanding tahun 2023.

“Jelas ini  memberikan nilai tambah bagi Bali,” ujar tokoh pariwisata asal Bangli ini.

Sekadar tahu, jika dikaitkan dengan pola kunjungan wisatawan Eropa akan mulai pada Maret, April, Mei. Terus berlanjut nanti pada Juli, Agustus, September.

”Ini akan memberi dampak positif, sehingga  potensial meningkatkan kunjungan wisatawan Eropa,” ujar Winastra.

Untuk diketahui wisatawan Eropa, merupakan ‘pasar’ tradisional pariwisata Bali, selain wisatawan Australia dan kantong-kantong wisman  yang lain.

Karena itu DPD Asita Bali, ucap  Winastra mengapresiasi semua pihak , sehingga pelaksanaan pemilu berlangsung dalam suasana  kondusif yang  berimbas positif bagi industri pariwisata Bali.

Terpisah Ketua Aliansi Masyarakat Pariwisata Bali (AMPB) I Gusti Kade Sutawa, mengungkapkan hal senada.

“Dari sisi masyarakat pariwisata, kami mengapresiasi pemilu berlangsung dengan aman,” ujarnya.

Karena kata dia, sebagai sektor yang menjadi salah satu sumber income masyarakat, pariwisata membutuhkan kondisi yang kondusif, yakni aman dan nyaman.

“Jadi kita berterimakasih kepada semua pihak; penyelenggara, pemerintah, penyelenggara pihak keamanan, TNI dan Polri dan masyarakat,” ujarnya.

Kondisi tersebut, diharapkan  terus berlanjut sampai nanti pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) lanjut dengan pelantikan presiden dan wakil presiden dan pembentukan kabinet.

Gusde Sutawa, yakin pariwisata Bali ke depannya terus membaik, yang ditandai dengan peningkatan kedatangan wisatawan ke Bali pasca Pemilu.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali mencatat  wisatawan manca negara yang datang ke Bali selama 2023, sebanyak 5.273.528.  

Dari jumlah tersebut yang terbanyak adalah wisatawan Australia  1.324.410. Wisman India sebanyak 440.415 penyumbang terbesar kedua. Di posisi ketiga wisman Tiongkok 280.111. k17.

Komentar