nusabali

KPPS Menduga Diumpetin Wong Samar

Surat Suara DPD Terselip di Bawah Gabus

  • www.nusabali.com-kpps-menduga-diumpetin-wong-samar

Setelah surat suara dicoblos, kan mau dimasukkan ke kotak. Karena bingung minta bantuan ke petugas. Ternyata saat itu petugas langsung sadar bahwa satu surat suara kurang.

TABANAN, NusaBali
Kejadian lucu terjadi saat pencoblosan di TPS SDN 2 Batunya, Desa Batunya, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Rabu (14/2). Satu surat suara DPD mendadak berkurang. 

Setelah ditelusuri, ternyata surat suarta itu diselipkan di bawah gabus bilik suara oleh pemilih yang sudah berumur. Petugas sempat mengira surat suara tersebut diumpetin wong samar. 

Ketua PPK Kecamatan Baturiti I Gede Komang Sukarma membenarkan kejadian itu. Pemilih ini usia tua, sudah di atas 60 tahun. Pada saat datang ke TPS memang sedikit bingung. 

"Setelah surat suara dicoblos, kan mau dimasukkan ke kotak. Karena bingung minta bantuan ke petugas. Ternyata saat itu petugas langsung sadar bahwa satu surat suara kurang," ujarnya, Kamis (15/2). 

Kondisi ini pun membuat petugas langsung menanyakan kepada pemilih tersebut. Bahkan sempat dicari ke rumah yang bersangkutan. "Setelah dicari ternyata disimpan di bawah gabus coblosan. Kemungkinan ini terselip karena surat suara ditumpuk," katanya. 

Sontak, kata Sukarma, peristiwa ini pun membuat lucu yang sebelumnya sempat tegang. Bahkan kondisi ini juga membuat petugas sempat berprasangka surat suara diumpetin wong samar. 

"Karena kalau dibawa pulang, baju pemilih ini tidak ada kantong. Kalau dibawa kan kelihatan, kemudian kalau jatuh kan ada. Nah ini tidak ada. Jadi sempat dikira ke hal magis. Ternyata ditemukan di bawah gabus. Semacam dapat hiburan," tandas Sukarma.7des

Komentar