nusabali

Suwirta Yakin Lolos DPRD Bali

Klaim Raih 31.000 Suara

  • www.nusabali.com-suwirta-yakin-lolos-dprd-bali

SEMARAPURA, NusaBali - Siapa calon anggota legislatif (Caleg) yang akan lolos ke DPRD Bali dari daerah pemilihan (Dapil) Klungkung? Hingga H+2 pasca coblosan Pemilu 2024, Kamis (15/2) belum banyak data yang masuk karena proses perhitungan suara masih berlangsung.

Dapil Klungkung sendiri mendapatkan kuota tiga kursi di DPRD Bali. Walau suara resmi KPU belum selesai dihitung, namun Mantan Bupati Klungkung dua periode (2013-2018 dan 2018-2023), I Nyoman Suwirta yang maju sebagai Caleg DPRD Bali dari PDIP Dapil Klungkung mengklaim sudah berhasil mengumpulkan puluhan ribu suara sebagai. Dia pun optimis bisa melenggang duduki kursi DPRD Bali.

Berdasarkan hitungan mandiri yang dilakukannya, Suwirta menyatakan sudah meraup lebih dari 31.000 suara. “Berdasarkan input data mandiri sampai sekarang suara yang saya raih sebanyak 31.000 lebih. Angka ini baru terinput dari sekitar 300 TPS dari 649 TPS di Klungkung,” ujar Suwirta, Kamis (15/2) pagi. Artinya, suara politisi asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini  ini masih akan bertambah jika data dari seluruh TPS sudah masuk.

Perolehan suara Suwirta pun berpotensi mendongkrak satu kader PDI Perjuangan Dapil Klungkung untuk duduk di kursi DPRD Bali, yakni antara kader incumbent Tjokorda Gede Agung, dan Tjokorda Istri Agung Putri Gitaloka. Tjok Gita merupakan putri dari Calon Bupati (Cabup) Klungkung 2018, Tjokorda Bagus Oka. Teruni kelahiran 25 April 2021 ini mulai bergabung menjadi kader PDIP sejak 15 Desember 2022 lalu setelah menyelesaikan studi S1 Fakultas MIPA jurusan Matematika di Unud. Namun, bocoran perolehan suara Tjok Agung dan Tjok Gita belum diketahui.

Di sisi lain, perasaan Suwirta campur aduk melihat fakta rekapan yang dilakukan secara mandiri, termasuk hasil DPRD Kabupaten, DPR RI, dan Pilpres. Meskipun baginya pribadi, angka 31.000 menunjukkan pencapaian yang patut disyukuri, namun Suwirta mengakui adanya rasa sedih yang menyertainya. "Ada rasa bahagia tapi ada rasa sedih," ujar Suwirta. "Harapan kita suara Pak Ganjar (Pranowo) bisa linier dengan suara saya, tapi ternyata jauh dari harapan," ujarnya.

Suwirta mengungkapkan bahwa dia telah berupaya secara maksimal dalam mengkampanyekan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. “Saya sudah berusaha berproses. Bagaimana mempromosikan. Bahkan saat simakrama dan sosialisasi, porsi bicara seperempatnya bicara tentang Pak Ganjar. Siapa Pak Ganjar, mengapa harus Pak Ganjar. Kemudian bicara DPR RI, DPRD Provinsi dan kolaborasi DPRD Kabupaten,” ungkapnya.

Pentingnya dukungan terhadap Ganjar Pranowo juga selalu menjadi penekanannya. Namun, meskipun telah berusaha keras, realitas politik kadangkala tidak selalu sesuai dengan harapan. "Dengan perolehan suara ini saya akan melakukan cross check dengan aplikasi di KPU," tambahnya. Meskipun demikian, Suwirta tidak kehilangan semangat. Dalam perbincangannya, ia menyebutkan bahwa target yang diberikan oleh Ketua DPD PDIP Bali adalah memperoleh 2 kursi di DPRD Provinsi, dan ia yakin bahwa target tersebut dapat diraih.

Sedangkan, perolehan satu kursi DPRD Bali Dapil Klungkung diprediksi akan berhasil dipertahankan oleh I Ketut Juliarta, Caleg incumbent dari Gerindra asal Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung ini informasinya sudah berhasil meraih 15.048 suara.

Sementara itu I Ketut Mandia yang juga tarung lewat kendaraan Gerindra dikabarkan meraih 8.143 suara. Jika perolehan suara Juliarta digabung dengan perolehan suara Mandia dan suara partai 883 suara, maka total perolehan suara Gerindra dari Dapil Klungkung menjadi 26.473 suara. "Kecamatan Dawan belum masuk dari Desa Kampung Kusamba, Desa Paksebali dan Desa Sampalan Klod," ujar Juliarta, Kamis kemarin. 7 wan

Komentar