nusabali

18 TPS Masuk Zona Blank Spot

  • www.nusabali.com-18-tps-masuk-zona-blank-spot

Dalam penguatan jaringan internet di lokasi TPS blank spot, pihak dinas bekerja sama dengan Kementerian Kominfo RI dan sejumlah provider internet.

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 18 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Buleleng masuk dalam kategori daerah blank spot atau area tak terjangkau jaringan internet. Belasan lokasi TPS blank spot itu tersebar di tiga kecamatan. Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng pun memasang alat penguat sinyal di sekitar TPS tersebut.

Pemasangan alat penguat sinyal ini untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 tetap berjalan dengan lancar. Alat penguat sinyal dilakukan untuk mendukung penghitungan hasil pemungutan suara melalui aplikasi Sirekap yang membutuhkan jaringan internet stabil.

Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan menyampaikan, lokasi TPS dengan jaringan internet lemah itu karena faktor topografi di balik pegunungan dan perbukitan yang berada di luar jangkauan sinyal. Kekurangan pemancar sinyal dari provider internet pada TPS tersebut juga menjadi penyebab terjadinya blank spot.

Adapun 18 TPS yang masuk kategori blank spot meliputi 4 TPS di Desa Gesing, Kecamatan Banjar, 2 TPS di Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar, dan 3 TPS di Desa Depeha, Kecamatan Kubutambahan. Kemudian 3 TPS di Desa Les, Kecamatan Tejakula 1 TPS di Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula, 1 TPS di Desa Sambirenteng, Kecamatan Tejakula dan 4 TPS di Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula

Dinas Kominfosanti Buleleng telah memantau sejumlah lokasi TPS yang dipasangi penguat sinyal, pada Minggu (11/2) kemarin. Dalam penguatan jaringan internet di lokasi TPS blank spot, pihak dinas bekerja sama dengan Kementerian Kominfo RI dan sejumlah provider internet.

“Permohonan sudah dilayangkan melalui surat resmi, tidak hanya untuk optimalisasi pada titik blank spot tersebut, tetapi juga menjaga sinyal agar tetap stabil,” ujar Suwarmawan. Ia juga akan mengarahkan pada jajaran stafnya untuk standby selama pelaksanaan pemungutan suara di TPS yang masuk kategori blank spot untuk membantu jika terjadi permasalahan koneksi internet.7 mzk

Komentar