nusabali

Megawati Ziarah ke Makam Bung Karno di Akhir Masa Kampanye

  • www.nusabali.com-megawati-ziarah-ke-makam-bung-karno-di-akhir-masa-kampanye

BLITAR, NusaBali.com - Di akhir masa kampanye Pemilu 2024, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menyempatkan diri untuk berziarah ke makam ayahandanya, Presiden pertama RI Soekarno, di Blitar, Jawa Timur, Jumat (9/2/2024).

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan bahwa ziarah ini dilakukan untuk memanfaatkan waktu luang di sela-sela kampanye. Megawati sebelumnya hadir dalam rangkaian kampanye di Banyuwangi dan selanjutnya akan bertolak ke Solo dan Semarang.

"Ziarah ini merupakan tradisi yang selalu dijalankan Ibu Megawati dan seluruh jajaran PDIP. Setiap Jumat legi, kami selalu berziarah ke makam Bung Karno untuk mendoakan beliau dan seluruh rakyat Indonesia," kata Hasto.

Lebih dari sekadar tradisi, ziarah ini juga menjadi momen kontemplasi bagi Megawati untuk berdialog dengan sang ayah dan memperkuat tekadnya untuk berdedikasi bagi bangsa dan negara.

"Di momen menjelang Pemilu ini, kami berharap Indonesia semakin lebih baik, maju, unggul, dan cita-cita rakyat untuk hidup berkeadilan dapat diwujudkan," ungkap Hasto.

Megawati dan rombongan tiba di area makam Bung Karno sebelum Salat Jumat. Disambut oleh para kader, simpatisan, dan masyarakat, Megawati langsung menuju ke area makam untuk melantunkan tahlil dan doa-doa, serta menaburkan bunga.

Suasana khusyuk menyelimuti area makam saat Megawati memanjatkan doa. Bahkan, setelah menaburkan bunga, Megawati masih menyempatkan diri untuk membaca tahlil bersama beberapa anggota keluarga.

Ziarah ini menjadi momen penting bagi Megawati dan PDIP untuk memperkuat tekad mereka dalam membangun bangsa dan negara. Di tengah hiruk pikuk kampanye, momen ini menjadi pengingat tentang nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh Bung Karno.

Pada November 2023, Megawati juga sempat berziarah ke makam Bung Karno bersama Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, yang saat itu masih berstatus sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden.

Hadir dalam kesempatan ini, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPR RI Puan Maharani, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, serta sejumlah kader PDIP lainnya.

Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 akan segera berlangsung, dengan tiga pasangan calon yang telah ditetapkan oleh KPU RI:
  1. Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (nomor urut 1)
  2. Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2)
  3. Ganjar Pranowo - Mahfud Md (nomor urut 3)

Masa tenang Pilpres 2024 akan dimulai pada tanggal 11-13 Februari 2024, menjelang hari pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.*ant

Komentar