nusabali

Teater Musik Broadway Hibur Penonton

  • www.nusabali.com-teater-musik-broadway-hibur-penonton

Tampil sekitar 2 jam, para penyanyi silih berganti membawakan sejumlah kisah yang sering dipentaskan di teater-teater Broadway, New York, Amerika Serikat.

MANGUPURA, NusaBali 
Setelah menghibur publik di Denpasar pada tahun lalu, teater musik Broadway Sekolah Musik Heny Janawati Vocal Expert kali ini tampil menghibur penonton di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Sabtu (3/2) malam. 

Sebanyak 28 penyanyi Sekolah Musik Heny Janawati Vocal Expert berkolaborasi dengan 33 penyanyi choir SMA Negeri 9 Denpasar tampil memukau di hadapan ribuan penonton, termasuk Wakil Bupati Badung I Made Suiasa, yang memadati salah satu gedung kesenian termegah di Bali. 

Tampil sekitar 2 jam, para penyanyi silih berganti membawakan sejumlah kisah yang sering dipentaskan di teater-teater Broadway, New York, Amerika Serikat. 

Heny Janawati selaku pembina Sekolah Musik Heny Janawati Vocal Expert menyampaikan, pementasan kali ini merupakan kesempatan untuk men-showcase anak didiknya yang sudah mendalami musik broadway selama ini. 

“Penampilan mereka luar biasa di tengah persiapan singkat mereka menunjukkan profesionalisme yang luar biasa,” ujar Heni ditemui usai pementasan. 

Sama dengan penampilan sebelumnya di Denpasar, pementasan yang ditampilkan merupakan bagian-bagian menarik dari kisah-kisah yang sering dipentaskan di panggung broadway seperti misalnya Phantom of the Opera, Matilda, Annie, dan lainnya.

“Ini kan memperkenalkan kembali kepada masyarakat Bali jadi tentunya harus yang menarik-menarik,” ujar ibu duo musisi Alien Child. 

Menurut Heni, perkembangan musik teater Broadway atau opera pada umumnya mengalami perkembangan yang cukup baik. Hal itu menurutnya terlihat dari munculnya kelas-kelas musik teater dan opera di Pulau Dewata.
 
“Cuma mungkin harus dibedakan mana yang otentik drama musikal broadway dengan drama musical. Karena di Bali kan banyak sekali drama musikal tapi itu seperti membuat naskah lalu diisi dengan lagu-lagu yang sudah ada. Kalau broadway musical yang genuine dari New York,” ungkap penyanyi yang belajar opera di Kanada ini. 

Heni tidak memungkiri musik teater Broadway bisa menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Dewata. Hal itu menurutnya bisa dilakukan dengan mengembangkan musik teater Broadway ala Bali dengan mengangkat kisah-kisah yang ada dalam budaya Bali. 

“Suatu hari saya ingin supaya ada Broadway musical tapi mengambil cerita Bali, sehingga bisa menarik wisatawan. Kan (Broadway) ada Romeo Juliet kita punya Jayaprana Layonsari,” tandasnya. 

Sementara itu Wakil Bupati Badung I Made Suiasa memberikan apresiasi terhadap pertunjukan musik teater Broadway yang ditampilkan Sekolah Musik Heny Janawati Vocal Expert. Menurutnya pertunjukan broadway yang merupakan campuran musikalitas dan gerak tari dapat melatih karakter anak-anak dan generasi muda. 

“Mereka ini mengekspresikan diri, segala potensi dan perasaannya yang kemudian nanti akan membentuk karakter dan mentalitas mereka,” ujarnya. 

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung akan terus mendukung dan berharap generasi muda semakin banyak berkiprah di bidang seni. 

“Apapun itu baik seni tradisional, seni modern atau seni kontemporer. Yang jelas semuanya itu akan memberi ruang dan peluang untuk generasi muda beraktivitas dan berkreativitas yang semakin positif dan mereka semakin produktif di masa depan,” ujarnya. 7 a

Komentar