nusabali

ST Graha Tula Banjar Abian Tegal Tampilkan Ogoh-Ogoh Bukal Raksasa

  • www.nusabali.com-st-graha-tula-banjar-abian-tegal-tampilkan-ogoh-ogoh-bukal-raksasa

DENPASAR, NusaBali.com - Menjelang Nyepi Tahun Baru Caka 1946 yang jatuh pada 11 Maret 2024 mendatang, Sekaa Teruna Teruni (STT) Graha Tula Banjar Abian Tegal Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat, tengah sibuk menggarap ogoh-ogoh megah dengan konsep bukal (kelelawar).

"Pembuatan ogoh-ogoh ini dimulai sejak 9 Januari 2024 lalu," ungkap I Putu Gede Surya Jaya, ketua ST Graha Tula, saat ditemui di lokasi pembuatan ogoh-ogoh di Jalan Batanta, Sabtu (27/1/2024).

Gede Surya Jaya menjelaskan, konsep bukal dipilih setelah melalui serangkaian pertimbangan dan diskusi dalam rapat STT. "Awalnya kami ingin membuat dua karakter, dan ada rencana untuk membuat bagian sayap ogoh-ogoh bisa bergerak," terangnya.

Namun, setelah melalui pertimbangan matang, STT memutuskan untuk fokus pada satu karakter bukal dengan tinggi mencapai 3,5 meter hingga 4 meter. "Untuk bagian yang bergerak, kami rancang gerakan di bagian mulut, dan sayapnya dibuat dengan sistem bongkar pasang," imbuhnya.

Pembuatan ogoh-ogoh tahun ini menelan biaya sekitar Rp 20 juta. "Bahan utama ogoh-ogoh ini adalah bambu. Kami beli bambu secara bungkulan dan sebit bersama-sama. Ini untuk menumbuhkan semangat gotong royong dan kebersamaan di antara anggota STT," ujar Gede Surya Jaya.

Di tahun 2024 ini, STT Graha Tula tidak mengikuti lomba ogoh-ogoh tingkat Kota Denpasar. "Kami memilih untuk fokus pada pembuatan ogoh-ogoh yang akan diarak di desa kami saja," kata Gede Surya Jaya.

Ia berharap, Hari Raya Nyepi tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman. "Semoga rekan-rekan STT di seluruh Bali dapat berpikir positif dan jernih agar tidak terjadi gesekan atau kesalahpahaman," harapnya.

"Melihat fenomena yang terjadi saat ini seperti kekerasan, adanya pemilu, hari raya Galungan dan Kuningan, dan Nyepi, semoga segala bentuk kegiatan dan hari raya ini dapat berjalan dengan lancar, terutama dengan pembuatan ogoh-ogoh. Semoga STT di Bali selalu kompak dan bersatu dalam kebersamaan," pungkas Gede Surya Jaya. *m03


Komentar