nusabali

SDLB Negeri Karangasem Tes IQ Siswa Baru

  • www.nusabali.com-sdlb-negeri-karangasem-tes-iq-siswa-baru

Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Karangasem pada tahun ajaran 2017/2018 ini mampu merekrut 14 siswa. Jumlah ini terbanyak selama lima tahun terakhir atau sejak tahun pelajaran 2012/2013 lalu.

AMLAPURA, NusaBali
Tahun ini SDLB Negeri Karangasem juga merekrut siswa tuna netra dan lakukan tes IQ (Inteligent Quotient) kepada siswa baru oleh psikolog. 

“Tahun ini baru pertama kali kami lakukan tes psikologi terhadap siswa baru,” ujar  Kasek SLB (Sekolah Luar Biasa) Negeri Karangasem yang membawahi SDLB, SMPLB dan SMALB, I Ketut Agung Sudewa di ruang kerjanya SLB Negeri Karangasem Jalan Nenas Banjar Kecicang, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, Tabanan, Sabtu (22/7).

Agung Sudewa didampingi Wakasek Kesiswaan Sang Kompyang Arda memaparkan dari 14 siswa baru tersebut terbagi beberapa kelompok, dua siswa dengan hambatan intelejensi digolongkan ke dalam tuna grahita sedang atau C1. Lalu 4 siswa tuna grahita ringan, dan dua siswa autis. Untuk kelompok tuna rungu wicara sebanyak 4 siswa, dan dua siswa tuna netra.

"Jangan khawatir walau ada siswa autis dan siswa tuna netra, telah diupayakan ada guru khusus di sini. Pengajar tuna netra kami percayakan kepada saudara Amin Suratman," jelas Agung Sudewa. Bahkan seluruh siswa baru telah menjalani test IQ (Inteligent Quotient) dengan mendatangkan psikolog, Titut Esti Koeswardani, Senin (10/7) lalu. "Hasilnya rata-rata di bawah 80," kata Agung Sudewa.

Sementara Psikolog Titut Esti Koeswardani mengatakan, bukan saja melakukan test terhadap anak, juga mewawancarai orangtuanya. Tujuannya untuk mengetahui riwayat anak hingga mengalami keterbelakangan mental, kesulitan bicara dan tuna netra.

Titut menambahkan pentingnya melibatkan psikolog untuk memantau perkembangan siswa baru selama tiga bulan ke depan. "Agar guru dapat rekomendasi cara mengajar siswa," jelasnya. 

Sebanyak 14 siswa baru, merupakan terbanyak sejak tahun ajaran 2012/2013. Sesuai catatan lima tahun terakhir siswa baru SDLB tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 7 siswa, disusul tahun 2013/2014 sebanyak 13 siswa, tahun 2014/2015 sebanyak 7 siswa, dan tahun 2015/2016 sebanyak 12 siswa. *k16

Komentar